Mama Ilen Dinilai Paling Pas Jadi Sultan Kasepuhan Cirebon

oleh -14 views

CIREBON, (SGOnline).-

Polemik seputar tahta Keraton Kasepuhan masih terus bergulir. Kini, sorotan dilontarkan salah satu pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon, KH Fariz. Ia menyatakan, PRA Luqman Zulkaedin bukan keturunan Sunan Gunung Jati.

“Memang kenyataannya Luqman itu bukan keturunan Sunan Gunung Jati. Jadi yang pantas menjadi Sultan Kasepuhan itu Pangeran Ilen Seminingrat. Pangeran Ilen atau Mama Ilen ini keturunan atau nasab dari Sultan Kasepuhan ke-IV, yakni Sultan Tajul Arifin Amir Sena. Itu sudah jelas trahnya,” kata KH Fariz, di kediamannya, Jumat (23/10/2020).

KH Fariz menyatakan, Pangeran Ilen Seminingrat merupakan sosok yang arif bijaksana. “Dia orangnya sangat bijak, sangat membimbing, paham soal sejarah, dan memahami dinamika keraton dan nasabnya langsung nyambung ke Syekh Syarif Hidayatullah. Maka itu di antara yang lainnya, saya melihat sosok berbeda pada diri belia. Beliau saat ini tinggal di sekitar Keraton Kasepuhan,” ujarnya.

Dirinya mengaku tidak bisa membiarkan polemik yang terjadi di Keraton Kasepuhan terus berkepanjangan.

“Awalnya saya ingin diam-diam saja dan tidak mau terlibat polemik. Namun, kalau saya membiarkan sejarah ini tidak lurus, maka anak keturunan di bawah saya juga akan ikut tidak lurus dan itu saya berdosa. Jadi saya punya kewajiban membantu saudara-saudara saya ikut pelurusan sejarah,” ujarnya.