Mantul, Indramayu Kini Miliki Agro Wisata Favorit

oleh -75 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Sektor pariwisata jika dikemas dengan apik, maka bisa menjadi andalan bagi pendapatan asli daerah. Maka tak heran jika kemudian banyak daerah berusaha ‘menghidupkan’ sektor ini kendati membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Seperti halnya di Kabupaten Indramayu. Kota dengan julukan Kota Mangga itu sekarang memiliki obyek wisata baru yang digadang-gadang bakal menjadi destinasi wisata favorit. Obyek wisata tersebut adalah Agro Wisata Situ Bolang yang berlokasi di Desa Jatisura, Kecamatan Cikedung.

Agro Wisata Situ Bolang ini secara resmi pengoperasiannya dibuka Wakil Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat, Minggu (13/10/2019) disaksikan ratusan pengunjung yang sudah hadir di tempat tersebut.

Di lokasi itu, masyarakat bisa menikmati aneka buah-buahan yang sudah ditanam dan siap dipetik. Buah-buahan yang sudah tersedia, antara lain mangga, klengkeng dan durian. Selain buah, masyarakat bisa memanjakan mata dengan menyaksikan aneka bunga yang sudah tersusun dengan indah, dan bisa digunakan untuk berswafoto. Bagi pengunjung yang akan menikmati obyek wisata tersebut hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000,- per orang.

Wakil Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat mengatakan, Agro Wisata Situ Bolang ini merupakan obyek wisata yang unik karena bunga, buah, dan tumbuhan yang biasa berbuah di dataran tinggi, ternyata bisa hidup di dataran rendah. Hal yang sangat luar biasa adalah keberadaan mangga Agrimania yang merupakan mangga khas Indramayu menjadi mangga terbaik di Indonesia ada di tempat itu.

“Saya harap, mangga Agrimania bisa menjadi ikon di tempat ini. Selain itu, berharap aneka jenis mangga lainnya bisa juga ditampilkan,” harap Taufik.

Taufik menambahkan, Pemkab Indramayu akan melengkapi berbagai kekurangan fasilitas yang akan masuk ke Agro Wisata Situ Bolang ini seperti jalan, dan pendukung lainnya.

Sementara itu, H. Urip yang merupakan penggagas Agro Wisata Situ Bolang mengatakan, selain wahana rekreasi dan edukasi, obyek wisata ini merupakan upaya untuk memajukan hortikultura di Kabupaten Indramayu.

“Sebelum diresmikan pengunjung sudah ramai, bahkan setiap bulan sudah banyak kelompok anak sekolah, mahasiswa, dan kelompok petani dari Jawa, Kalimantan, dan Bali berdatangan ke Agro Wisata Situ Bolang,” katanya. (Ridho/SGO)