Masyarakat Diminta tak Terprovokasi Polemik Keraton Kasepuhan

oleh -101 views

CIREBON, (SGOnline).-

Pengukuhan Sultan Sepuh XV Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Luqman Zulkaedin, pada Minggu (30/8/2020) diharapkan berjalan lancar dan sukses. Sebab, hal ini menyangkut nama baik Cirebon, sehingga kondusivitas wilayah harus terjaga.

Masyarakat juga diminta tidak mudah terprovokasi tanpa memahami duduk persoalan yang sebenarnya, apalagi tidak memiliki bukti kuat yang otentik. “Saat ini berseliweran cerita tentang penolakan pengukuhan PRA Luqman menjadi Sultan Sepuh XV Kasepuhan Cirebon, dengan alasan bukan nasab atau keturunan asli Sunan Gunung Jati,” kata Ismaya, warga Pegambiran, Kota Cirebon, Jumat (28/8/2020).

Opini tersebut, lanjut dia, terus berhembus dengan tujuan agar masyarakat ikut bersuara menolak jumenengan tersebut. Untuk itu, dirinya hanya bisa mengimbau semua pihak agar menjaga kondusivitas di Cirebon.

Ismaya meminta, siapapun yang merasa tidak puas dengan dikukuhkannya PRA Luqman menjadi Sultan Sepuh XV Kasepuhan Cirebon, lebih baik menempuh jalur hukum.

“Tidak usahlah ikut-ikutan kalau tidak ada kaitan langsung. Apalagi sampai mengerahkan massa. Percuma saja. Soalnya, kalau terjadi hal yang tidak diinginkan pasti akan berhadapan dengaan aparat hukum. Kalau terjerat hukum yang rugi kita sendirikan?” ucap Ismaya, yang juga Wakil Panglima Tinggi Laskar Macan Ali Nuswantara kepada media.