Masyarakat Keluhkan Masih Tingginya Harga Daging Ayam

oleh -122 views
pedagang ayam

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Masyarakat mengeluhkan harga daging ayam potong yang masih tinggi dalam sepekan terakhir. Akibatnya mereka mengurangi pembelian daging ayam dari biasanya.

Pantauan wartawan Surya Grage Online, harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Indramayu masih tinggi, yakni mencapai Rp 40.000 per kilogram. Kendati harga tersebut lebih rendah dibandingkan pekan lalu yang menyentuh angka Rp 45.000 per kilogram, namun harga tersebut dirasa masih di atas normal.

Sebab dalam kondisi normal, harga daging ayam per kilogram hanya berkisar antara Rp 30.000 sampai Rp 35.000. “Meskipun harganya sekarang di angka Rp 40.000 per kilo, bagi kami tetap saja mahal. Makanya saya terpaksa mengurangi stok hampir separuhnya.

“Kalau dibandingkan minggu lalu memang ada penurunan sekitar Rp 5.000 per kilo, tetapi bagi kami pedagang masakan harga segitu masih tetap tinggi karena untungnya menjadi sedikit. Kalau masakan dinaikkan yang ada malah kami diprotes pelanggan,” ungkap Suni, Jumat (18/10/2019).

Berdasarkan pantauan KC di Pasar Baru Indramayu,Senin (14/10), harga daging ayam potong mencapai Rp 40 ribu per kg. Meski telah turun dari harga Rp 45 ribu per kg, namun Rp 40 ribu itu masih jauh diatas normal.

Diakuinya, kenaikan harga daging ayam tersebut bertahap, dari mulai Rp 34.000 terus naik menjadi Rp 40.000 dan naik lagi menjadi 45.000. Harga itu mengalami penurunan Rp 5.000 menjadi Rp 40.000 per kilogram.

Di tempat berbeda, Sari, pedagang masakan di Kelurahan Lemahmekar, Kecamatan Indramayu, juga mengeluhkan mahalnya harga daging ayam potong itu. “Sekarang sih saya bingung kalau mau belanja, soalnya harga cepat berubah. Kami pedagang serba salah, menaikkan harga pelanggan kabur, harga tetap kami yang rugi,” keluhnya. (Ger/SGO)