Mendengarkan Cerita Membuat Anak Mampu Berimajinasi

oleh -116 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Mendengarkan cerita adalah kegiatan yang paling ditunggu anak-anak. Mereka bisa berimajinasi dan belajar lewat cerita yang disampaikan. Atas dasar itulah, SDIT Binaul Ummah Kuningan, mengajak anak-anak untuk belajar dengan mendengar sebuah cerita, Kamis (12/12/2019), di aula sekolah.

Tampak siswa-siswi yang terdiri dari kelas satu dan dua ini antusias mendengarkan cerita yang disampaikan Teh Andin. Terbukti dengan respon yang begitu positif ketika story teller memberikan pertanyaan seputar kisah yang dibawakannya, anak-anak begitu banyak yang ingin menjawab.

Siswa kelas 2, Rifki menjawab pertanyaan dengan begitu semangat tentang nama nabi yang kedelapan dalam Islam. “Jawabannya Nabi Ismail, hewan yang menelan Nabi Yunus adalah, ikan paus,” jawab bocah lugu ini. Rifki pun diberikan reward atas jawabannya, yaitu sebuah boneka tangan yang berbentuk gajah.

Wakasek Kesiswaan SDIT Binaul Ummah, Rita Nalurita berencana story telling show akan menjadi agenda tahunan guna mengisi masa menunggu dibaginya rapor setelah ujian tengah semester. “Story telling show sengaja kami adakan agar anak tidak jenuh dan bisa mengisi waktu saat akan dibagi rapor dengan kegiatan positif. Sebab lewat cerita anak-anak biasa menyimak dengan baik dan bisa mengembangkan daya imajinasi mereka,” ujar guru yang memiliki banyak ide kreatif untuk mengembangkan bakat anak.

Sementara itu, Kepala SDIT Binaul Ummah, Rayanti Puri, mengapresiasi ide yang positif untuk mengisi kegiatan setelah kegiatan akhir semester, untuk bercerita tentang keagamaan.

“Acara ini adalah yang pertama bagi kami, insya Allah nanti akan menjadi program kami untuk tahun berikutnya karena melalui dongeng bisa menjadi media pembelajaran untuk anak-anak,” tandasnya. (Andin/SGO)