Menyamar Jadi Pegawai, Dua Pemuda Curi Kabel Telkom

oleh -49 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Dua orang pemuda asal Kelapa Gunung, Kecamatan Kramat Mulya, Kabupaten Kuningan dibekuk tim Satreskrim Polres Kuningan. Pelaku yang berinisial DM (39) dan YA (22) ini masih memiliki hubungan darah sebagai paman dan ponakan. Keduanya melakukan pencurian aset milik PT. Telkom berupa kabel udara di Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan.

Satreskrim Polres Kuningan dalam konferensi persnya, Kamis (10/10/2019), mengungkapkan kedua pelaku melakukan aksinya dengan menggunakan seragam dan berpura-pura menjadi karyawan telkom.

Kapolres Kuningan, AKBP Iman Setiawan melalui Kasat Reskrim, AKP Reza Fahlevi mengatakan, penyamaran yang mereka lakukan agar warga sekitar tidak curiga dengan pencurian yang akan mereka lakukan.

“Modusnya adalah dengan menggunakan baju seragam telkom, agar tidak dicurigai oleh warga sekitar. Kemudian para pelaku memanjat tiang kabel PT. Telkom lalu memotong kabel udara berkapasitas 100 pair, sekitar 200 meter dengan menggunakan gergaji,” tuturnya.

Barang bukti yang diamankan, berupa tujuh gulungan kabel udara, kapasitas 100 Pair sepanjang 200 meter, tas warna cokelat muda, gergaji besi, tang potong, pisau cutter, 2 unit ponsel merk Nokia dan Oppo. Selain itu baju kemeja putih bertuliskan Indiehome Fiber, topi loreng hitam putih, 1 gulung tali rafia dan 1 unit sepeda motor.

Atas perbuatannya, pihak PT. Telkom mengalami kerugian sebesar Rp 30 Juta. “Para tersangka akan dikenakan pasal ayat (1) ke-4 dan ke-4 KUH Pidana tentang pencurian dan pemberatan,” pungkas Reza. (Andin/SGO)