Meski di Tengah Pandemi, PSMTI Tetap Sambangi Veteran

oleh -28 views

CIREBON, (SGOnline).-

Salah satu agenda rutin digelar Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Cirebon adalah peringatan HUT Proklamasi 17 Agustus 1945. Hanya saja, acara yang biasanya dipusatkan di Hotel Intan atau di Gedung Joang di Jalan Cipto Mangunkusumo, kali ini tidak dilakukan akibat pandemi covid-19.

“Biasanya di dua tempat itu. Kami yang mengundang veteran atau kami yang datang ke Gedung Joang. Namun karena bersifat kerumunan, maka peringatan HUT kemerdekaan kali ini tidak digelar secara seremonial. Meski begitu, PSMTI tetap menyambung silaturahim dengan kalangan veteran. Tentunya sesuai protokol kesehatan,” kata juru bicara PSMTI Cirebon, Halim kepada Surya Grage Online, Selasa (8/9/2020).

Bentuk silaturahimnya, lanjut Halim, dengan mengunjungi kediaman masing-masing veteran, sekaligus memberikan bingkisan seperti yang biasa dilakukan. “Kami selalu kagum dan bangga dengan mereka karena meskipun sudah berusia lanjut, namun tetap semangat,” ungkapnya.

Bahkan, ia menyaksikan sendiri ada salah seorang veteran yang sudah berusia 100 tahun, tapi masih memiliki semangat tinggi. Selain itu, jumlah bingkisan setiap tahun selalu berkurang, karena ada veterang yang berpulang. Untuk tahun ini, paket yang disebar sebanyak 77 buah.

“Kami mengimbau kepada organisasi kemasyarakatan lainnya untuk ikut memperhatikan mantan pejuang. Mari kita menjalin silaturahim dengan veteran, karena tanpa pengorbanan beliau-beliau itu, kita tidak mungkin menikmati kemerdekaan seperti sekarang,” ungkapnya. (Herwin/SGO)