Misteri Sungai Surakatiga dan Tempat Mandi Kuda di Kuningan

oleh -9 views
foto : detikcom

KUNINGAN, (SGOnline).-

Kabupaten Kuningan yang terletak di sebelah selatan Cirebon, Jawa Barat, dikenal sebagai kota kuda. Bahkan, daerah ini memiliki sebuah maskot berupa patung kuda di Taman Kota. Hal itu berdasar dari banyaknya masyarakat Kuningan yang memiliki kuda.

Saat ini kuda-kuda di Kuningan sebagian besar dipakai untuk menarik delman hias. Ada juga yang dijadikan sebagai kuda pacuan. Namun ada ada kebiasaan unik yang dilakukan para pemilik kuda.

Untuk menjaga kebugaran fisik dan kesehatan, kuda-kuda tersebut secara rutin dimandikan di aliran Sungai Surakatiga, di Blok Cikedung, Kelurahan Winduhaji, Kecamatan Kuningan, tiap Jumat kliwon.

Kebiasaan itu ada kaitannya dengan kepercayaan yang diyakini pemilik kuda. Bana, salah seorang warga setempat mengatakan, kuda yang dimandikan pada Jumat kliwon di aliran Sungai Surakatiga, dipercaya akan membuat kuda sehat dan memiliki stamina yang kuat. “Itu sudah dipercaya sejak zaman dulu dan terbukti memang,” ucap Bana kepada detikcom di lokasi Sungai Surakatiga, Jumat (11/9/2020).