Nasi Langgi (早上饭 Zǎoshang fàn) Miliki Beragam Variasi

oleh
Nasi langgi/istimewa

SEBUAH kalimat bijak berbunyi, 每个城市都有独特而独特的美食 Měi gè chéngshì dōu yǒu dútè ér dútè dì měishí. Artinya, tiap kota memiliki keunikan dan ciri khas masakannya.

Waktu saya ke Kota Semarang, Jawa Tengah, bersama Julia, istri saya, sahabat saya, Paulus dan San San, ke rumah Vony Agus, adik istri saya di Perumahan Taman Marina Semarang, Vony Agus membelikan nasi langgi.

Hal ini membuat saya teringat waktu masa kecil tinggal di Kebon Blimbing RW 03 Pagongan Barat, Kota Cirebon. Kala itu, saya suka membeli nasi langgi buatan Tante Kwee Tjong Giok, mamanya Endang Prihatin Sembada di Pagongan.

Setelah Tante Kwee Tjong Giok pindah ke Jakarta, saya membeli nasi langgi di Panjunan dan nasi langgi buatan Martha Lingga di Lawanggada. Martha Lingga meupakan kawan sekolah waktu di SMP BPK Penabur Cirebon.

Nasi langgi buatan Tante Kwee Tjong Giok memiliki keunikan sendiri, yakni berisi nasi putih, ayam suwir, perkedel kentang, sambel goreng, dadar telur, abon sapi, serundeng, oreg tempe, bawang goreng dan dihiasi daun kemangi.

Adapun isi nasi langgi itu ada berbagai versi. Ada yang berisi nasi uduk, telor dadar, abon ebi (udang kecil), sambel goreng udang kering, kentang, serundeng, mentimun, daging sapi yang dibumbui dan daun kemangi.

Nasi menjelang pagi

Jika kita baca dari Wikipedia, nasi langgi berasal dari Solo. Nasi langgi memiliki singkatan, nasi menjelang pagi. Soalnya, waktu dulu biasanya nasi langgi dijual menjelang pagi.

Ada juga yang isinya, serundeng, kacang teri yang dimasak pakai santan kelapa, ada daun salam dan serehnya, dan dimasak menggunakan asam jawa. Umumnya, nasi langgi dimasak memakai santan. Waktu dimasak harus teliti agar terasa gurih.

Lauk pauk yang menghiasi nasi langgi, banyak menggunakan rempah-rempah, seperti ketumbar, serai, salam, lengkuas dan asam jawa. Di Taman Kopo Indah I Bandung, ada juga nasi langgi buatan Agus Jonathan yang berasal dari Pagongan Cirebon.

Isi nasinya, sambel goreng udang, daging sapi, mentimun, daun kemangi, dan abon ebi. 食物团结差异 Shíwù tuánjié chāyì artinya makanan mempersatukan perbedaan. (*)

Oleh: Jeremy Huang