Obyek Wisata di Kuningan Bakal Dibuka Secara Bertahap

oleh -129 views


KUNINGAN, (SGOnline).-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan resmi menghentikan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid III, Jumat (12/6/2020). Selanjutnya akan diterapkan adaptasi kebiasaan baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sekda Kuningan, H Dian Rachmat Yanuar, mengatakan, pemda akan membuka kembali lokasi-lokasi wisata yang selama ini ditutup akibat pandemik covid-19. “Pembukaan obyek-obyek wisata akan dilakukan secara bertahap, yaitu dengan benchmark wilayah mana saja yang sudah membuka lokasi wisata. Sebab, menurut Pak Presiden, tempat wisata ini sebagai salah satu lokasi yang paling berisiko,” paparnya.

Ia juga menyetujui, pendapat Ketua DPRD Kuningan, Nuzul Rachdi, yang mengemukakan, kesehatan dan perekonomian masyarakat harus berjalan seiringan.

“Di satu sisi perekonomian warga harus segera berjalan, namun di sisi lain keselamatan dan kesehatan masyarakat harus dinomorsatukan. Makanya dibutuhkan adanya satu kehati-hatian dan sistem pegawasan yang cermat,” tandas Sekda.

Perlu koordinasi

Di sisi lain, imbuh Dian Rachmat Yanuar, sebagian besar tempat wisata di Kabupaten Kuningan berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Untuk itu, dibukanya kembali lokasi wisata perlu koordinasi dengan TNGC juga.

“Soalnya hingga saat ini berdasarkan hasil pertemuan dengan TNGC, kita masih menunggu surat izin dibukanya tempat wisata di kawasan TNGC dari Balai Konservasi dan Sumberdaya Alam Kementerian LHK. Tanpa itu, kita belum berani membuka secara sepihak,” imbuhnya. (Ruddy/SGO)