Ops Patuh Lodaya 2020 Satlantas Polres Ciko Tekan Angka Pelanggaran

oleh -140 views

CIREBON, (SGOnline).-

Operasi Patuh Lodaya 2020 digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia dimulai 27 Juli hingga 5 Agustus 2020. Kegiatan tersebut dilakukan karena angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, tercatat meningkat selama pandemi covid 19.

Hal yang sama juga dilakukan jajaran sabuk putih Satlantas Polres Cirebon Kota (Ciko), yang menggelar Operasi Patuh Lodaya 2020 dengan humanis, berbagi masker dan menerapkan sistem tematik dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020, Selasa (4/8/2020).

Seperti yang ditegaskan Kasatlantas Polres Ciko, AKP La Ode Habibi Ade Jama, jika dalam pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2020, polisi lebih mengedepankan pencegahan dan preemtif kepada setiap pengendara. Dengan kata lain, upaya penegakan hukum menjadi upaya terakhir dalam operasi kemanusiaan ini.

Dijelaskannya, Kasat Lantas Polres Ciko, konsep operasi persuasif dan humanis, lebih mengedepankan tindakan pencegahan. Persentase dari operasi ini 40% adalah giat preemtif, 40% preventif dan 20 % penegakan hukum.

Kontinyu

Di tempat terpisah, melalui Kasubbag Humas, Iptu Ngatidja, Kapolres Cirebon Kota AKBP Syamsul Huda, menjelaskan, Polres Ciko juga berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Cirebon, yakni dengan mengedukasi serta imbauan yang dilaksanakan secara kontinyu.

“Hal tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19, sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah dalam menuju adaptasi kebiasaan baru,” katanya. (Humas Polres Ciko/Andi/SGO)