Ops Patuh Lodaya Polres Ciko Utamakan Pendekatan Humanis

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota (Ciko), dalam pelaksanaan Ops Patuh Lodaya 2020, petugas mengutamakan pendekatan humanis kepada masyarakat pengguna jalan raya. Adapun bentuk penindakan berupa teguran sampai tindakan disiplin. Bila ada pengendara yang tidak mengenakan masker, maka petugas akan memberikannya secara gratis.

Hal itu merupakan penekanan dan arahan Kasat Lantas Polres Ciko, AKP La Ode Habibi Ade Jama, saat apel Satlantas, Selasa (28/7/2020) pagi. Kasat Lantas yang dikenal humanis dan memiliki senyum khas ini, meminta seluruh anggotanya melaksanakan tugas fungsi secara ikhlas dan bertanggung jawab.

“Mengedepankan senyum, sapa dan salam (S3, Red), walau saat ini Satlantas sedang menggelar Ops Patuh Lodaya 2020. Agenda ini merupakan ops kemanusiaan menuju tatanan adaptasi kebiasaan baru (AKB),” paparnya.

Dijelaskannya, penindakan terbanyak dilakukan terhadap pengendara roda dua yang kedapatan tidak menggunakan helm dan melawan arus. Sejak dimulainya Operasi Patuh Lodaya ini pelanggar sedikit demi sedikit akan ditindak.

Berbeda

Hal senada disampaikan Kapolres Ciko, AKBP Syamsul Huda melalui Kasubbag Humas, Iptu Ngatidja. Ia mengemukakan, Operasi Patuh Lodaya tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Ops ini dilakukan di tengah kondisi pandemi covid-19. Maka dari itu, tindakan penilangan hanya dilakukan sebesar 20 persen, sedangkan sisanya berupa teguran dan imbauan agar pengendara menaati rambu lalu lintas dan protokol kesehatan,” tandasnya. (Humas Polres Ciko/Andi/SGO)