Pangdam dan Forkopimda Jabar Sepakat Jadi Relawan Covid-19

oleh -120 views

KAB BANDUNG, (SGOnline).-

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, memimpin Apel Komandan Satuan (Dansat) tersebar Kodam III/Siliwangi bertempat di Dodik Secaba Rindam III/Siliwangi Bihbul Sindanglaya, Kab. Bandung, Kamis (13/8/2020).

Apel Dansat tersebar Kodam III/Siliwangi ini mengusung tema “Membangun Kepemimpinan Komandan Satuan Kodam III/Siliwangi yang Profesional dan Adaptif”, dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti sekitar 70 orang komandan di jajaran Kodam III/Siliwangi.

Pangdam III/Siliwangi berharap, peserta Apel Dansat, perwira memonitor kegiatan penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA), “Yakinlah rencana anggaran untuk kegiatan tahun 2021 di satuannya sudah terwadahi,” tandasnya.

Pangdam juga menyampaikan, tentang pembentukan dan peningkatan status satuan. Ia mengatakan, pembentukan dan peningkatan status satuan di jajaran Kodam III/Siliwangi, yaitu untuk Kodim Pangandaran, Koramil Sukamakmur dan beberapa koramil lainnya, pada tahun 2021 selesai.

“Kemarin kita dapat hibah tanah dari TNI AD dan dapat hibah dari KPK seluas 54,8 hektare. Nanti akan dibuat di situ untuk Yon Armed 5. Karena saat ini masih kosong, jadi Dandim dan personelnya agar menjaga aset-aset itu. Sebab, kalau tidak kita dijaga lagi dan orang masuk, akhirnya kita yang susah,” ucap Pangdam.

Lakukan 5P

Pada kesempatan itu, Pangdam III/Siliwangi menunjuk Dandim, Kazidam dan Asops untuk terus berkoordinasi melalui 5 P, yaitu pematokan, pemagaran, patroli-patroli, pemasangan plang dan persertifikatan. Oleh karena itu, satuan kewilayahan untuk membantu, karena ini aset Kodam III/Siliwangi.

“Saat ini, kita masih berada dimasa pandemi Covid-19, kita mendapat tugas untuk mendisiplinkan masyarakat. Saat ini perkembangan cukup tinggi, kita berharap di wilayah seluruh Danrem, Dandim dan Danramil dapat mendisiplinkan masyarakat, khususnya penggunaan masker,” harap Pangdam.

Saat ditanya tentang relawan Covid, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mengaku setuju. “Kita Forkopimda Jabar sepakat, saya, Gubernur dan Kapolda menjadi relawan Covid-19,” terangnya.

Selanjutnya, Pangdam III/Siliwangi menyerahkan piala dan piagam penghargaan serta uang pembinaan kepada prajurit berprestasi pada Juara Lomba Bela Diri Militer (BDM) Piala Pangdam III/Siliwangi. (Rilis/Andi/SGO)