Pangdam III/Siliwangi: Komandan Batalyon adalah Peice To Piece Leadership

oleh

BANDUNG, (SGOnline).-

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto memimpin serah terima jabatan Komandan Batalyon di Lapangan Makodam III/Siliwangi, Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Senin (3/8/2020).

Jabatan yang diserahterimakan di antaranya, Danyon Armed 5/Tarik dari Letkol Arm Krisrantau Hermawan kepada Letkol Arm Haryanto, Danyon Arhanudse 14/DBY dari Letkol Arh Ridwan Budi Sulistyawan kepada Letkol Arh Atmaja Adinata.

Kemudian, Danyonzipur 3/YW dari Letkol Czi Dadan Ramdhani kepada Mayor Czi Dhanisworo dan Dandeninteldam III/Siliwangi dari Letkol Inf Teguh Wibowo kepada Mayor Inf Robil Saifullah serta penyambutan Kapuskodalops Kodam III/Siliwangi Letkol Arm Andy Yanto Rakhmat.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, mengatakan, serah terima jabatan dan penerimaan tugas jabatan yang dilaksanakan beberapa saat lalu, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari tuntutan dinamika organisasi militer.

“Semuanya bermuara pada kepentingan pembinaan satuan dan pembinaan personel, sekaligus merupakan bagian dari rangkaian proses regenerasi yang sedang terjadi di Kodam III/Siliwangi,” ungkapnya.

Pengaruh positif

Kepada pejabat lama, Pangdam III/Siliwangi, mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas dedikasi dalam melaksanakan tugas untuk mendukung tugas pokok Kodam III/Siliwangi dan juga kepada para istri yang selama ini membantu tugas-tugas suami. Kepada pejabat baru, selamat datang dan selamat bertugas di jajaran Kodam III/Siliwangi.

“Saya percaya dengan berbekal pengalaman penugasan di tempat tugas lama, para pejabat baru dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan pimpinan TNI AD ini dengan sebaik-baiknya,” pinta Pangdam.

Ia berharap, dengan dilantiknya pejabat baru, dapat membawa pengaruh yang positif dan mengantarkan satuan yang dipimpinnya ke arah yang lebih baik dan maju, sehingga dapat mempersembahkan karya terbaiknya untuk kepentingan Kodam III/Siliwangi.

Untuk itu, kata dia lagi, segera menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tugas yang baru. Pelihara, pertahankan dan tingkatkan kemajuan yang telah diperoleh pejabat lama, disertai inovasi baru yang kreatif dengan menjunjung tinggi integritas dan komitmen kuat untuk kemajuan satuan yang para Perwira pimpin.

“Komandan Batalyon adalah piece to piece leadershif atau kepemimpinan berhadapan. Kita berhadapan langsung dengan prajurit-prajurit kita. Oleh sebab itu, saudara-saudara harus mempunya fisik yang prima dan memiliki keterampilan yang baik,” tandas Pangdam.

Tanda pangkat

Serah terima jabatan ditandai dengan pelepasan tanda pangkat dan pelepasan tanda jabatan bagi pejabat lama, pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan, penyerahan tongkat komando serta penyerahan tunggul kepada pejabat baru sekaligus penandatanganan naskah serah terima jabatan.

Dalam pelaksanaan serah terima jabatan ini, dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan mengatur jarak, mencuci tangan dan tetap menggunakan masker. Kegiatan tradisi dilanjutkan dengan pisah sambut sekaligus memberikan pesan dan kesan dihadapan seluruh pejabat Kodam III/Siliwangi. (Rilis/Andi/SGO)