Pantai Plentong Kini Bermetamorfosa Jadi Pantai Idaman

oleh -174 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Di antara sederetan obyek wisata pantai yang ada di sepanjang perairan Kabupaten Indramayu, seperti Pantai Karangsong, Pantai Balongan Indah, Pantai Tirtamaya maupun obyek wisata pantai lainnya, tak lengkap rasanya jika tidak singgah di Pantai Plentong. Pantai ini berada di ujung barat Kabupaten Indramayu, tepatnya di Desa Ujung Gebang, Kecamatan Sukra.

Bila menyebut nama “Plentong” mungkin tidak aneh bagi warga Indramayu, tetapi tahukah Anda nama tersebut kini sudah menggaung hingga luar daerah Indramayu. Awal munculnya nama Plentong tidak lepas berkat peran warga yang menamainya dengan mengambil nama sebuah Dusun Plentong, terletak sekitar 7 kilometer dari bibir pantai itu.

Dusun Plentong dulunya sebuah dusun yang ramai dan merupakan pusat pemerintahan, pusat perekonomian warga dan menjadi pusat berbagai aktivitas warga. Mulai pelayanan umum, pendidikan, fasilitas publik maupun pusat perekonomian warga di sektor perikanan.

Karenanya, secara historis warga Desa Ujung Gebang memiliki ikatan sejarah dengan Eko Wisata Pantai Plentong yang terhampar cantik nan asri. Semula keberadaan pantai yang terletak di antara perbatasan Kabupaten Subang tersebut, tak lain hanya sekadar pantai biasa dan menjadi tempat tongkrongan para komunitas anak-anak muda.

Seiring dengan perjalanan waktu, kehadiran PT PJB UBJOM PLTU Indramayu melalui berbagai programnya telah membawa perubahan signifikan dan banyak membawa manfaat serta berdampak positif terhadap kehidupan perekonomian warga setempat.

Pantai yang awalnya biasa dan tak dilirik banyak orang, kini menjadi salah satu Eko Wisata Pantai di Indramayu yang memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi.

Saat ini, eko wisata Pantai Plentong dengan panjang bibir pantai sekitar 2,4 kilometer tersebut mampu menyedot wisatawan sekitar 3.000 orang per minggunya dari berbagai daerah. Di antaranya Kabupaten Subang, Karawang dan Purwakarta.

Secara ekonomis, keberadaan PT PJB UBJOM PLTU Indramayu telah banyak membantu perekonomian warga Desa Ujung Gebang dengan melibatkan langsung warga sekitar pantai maupun para komunitas anak-anak muda untuk ikut melestarikan keasrian Pantai Plentong.

Melalui berbagai program yang digelontorkan pihak PT PJB UBJOM PLTU Indramayu telah banyak membantu menghidupkan perekonomian warga.

Selama ini peran PT PJB UBJOM PLTU sangat besar dalam memajukan eko wisata Pantai Plentong, bukan hanya sebatas dalam bentuk pembangunan sarana semata, tetapi berbagai program pemberdayaan dan pembudidayaan yang digulirkannya secara nyata banyak membawa manfaat terhadap perekonomian warga.

Seperti, pemberdayaan warga untuk berkreativitas membuat berbagai kerajinan tangan yang bernilai ekonomis maupun pembudidayaan potensi alam yang dimiliki Pantai Plentong.

PT PJB UBJOM PLTU Indramayu pun menyediakan market atau pemasaran hasil kerajinan dan hasil budidaya warga. Keberadaan PT PJB UBJOM PLTU Indramayu sangat membantu dalam peningkatan perekonomian warga setempat.

Untuk mengoptimalkan keberadaan eko wisata Pantai Plentong yang menyediakan sedikitnya 53 kios makanan dan minuman ringan Binaaan PT PJB UBJOM PLTU Indramayu dan berbagai jenis permainan anak di area wisata, berharap ke depan keberadaannya selain menjadi obyek wisata edukasi juga dapat menjadi obyek wisata market yang dihasilkan dari kerajinan warga setempat.

“Atas nama pemerintah desa, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak PT PJB UBJOM PLTU Indramayu yang selama ini telah berperan dalam membantu menghidupkan Pantai Plentong. Sehingga, dampaknya mampu menggerakkan perekonomian warga sekitar pantai,” kata pelaku sejarah yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Ujung Gebang, H. Kusnato.(Ridho/SGO)