Pasar Seni Budaya Jamblang, Produk Lokal Rasa Internasional

oleh -75 views


CIREBON, (SGOnline).-

Banyak desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, yang memiliki sejarah, budaya, multi etnis maupun agama yang masih mengakar di tengah masyarakatnya hingga saat ini, salah satunya Desa Jamblang.

Kearifan lokal tersebut dikemas dalam Pasar Seni Budaya Jamblang yang merupakan cikal bakal destinasi dalam balutan produk wisata kekinian yang diharapkan dapat mendunia. Acara ini digelar di depan Vihara Dharma Rakhita Jamblang, Minggu (10/1/2021).

Ajang ini menghadirkan sejumlah kuliner masa lalu, seperti nasi langgi, kue khas pecinan Jamblang, yakni cikak, cucur, jalabia dan lainnya. Selain itu juga menampilkan alunan musik tradisional plus pentas latihan bersama kesenian khas Cirebon sambil menikmati kemegahan bangunan kuno yang masih berdiri kokoh.

Acara tersebut diselenggarakan Karang Taruna Desa Jamblang, Pemerintah Desa Jamblang, Komunitas Seni KLABANG (Klangenan Jamblang), dan Yayasan Vihara Jamblang.

“Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kalangan seniman Kabupaten Cirebon, khususnya di Desa Jamblang untuk menunjukkan jika mereka masih eksis dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan Cirebon di masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Jajat Sudrajat, salah satu panitia pelaksana kegiatan, Selasa (12/1/2021).

Diharapkan dia, kegiatan tersebut dapat memunculkan chemistry masyarakat kalau Jamblang adalah bagian dari kota pusaka dan kota tua di Kabupaten Cirebon yang harus dilestarikan.

“Di sisi lain, dengan adanya kegiatan ini bisa mengundang wisatawan untuk berkunjung berwisata ke kota tua Jamblang. Oleh karena itu, pemerintah daerah diharap lebih peduli dalam pelestarian kesenian dan kebudayaan yang ada di Kabupaten Cirebon,” tandasnya. (Andi/SGO)