Peduli Siswa, Koramil Jajaran Kodim 0615/Kuningan Sediakan Wifi Gratis

oleh -107 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar, Kodim 0615/Kuningan, melalui Koramil di setiap kecamatan, menyediakan fasilitas wifi gratis bagi siswa yang melakukan pembelajaran metoda daring.

Dandim 0615/Kuningan, Letkol Czi Karter Joyi Lumi, mengungkapkan rasa kepedulian terhadap pelajar yang belajar lewat daring, sehingga tidak terlalu membebani orang tua.

“Jangan sampai pembelajaran daring ini membebani orang tua. Contohnya, kasus kemarin, ada ayah mencuri ponsel hanya anaknya bisa belajar online,” kata Dandim 0615/Kuningan di hadapan awak media, Kamis (14/8/2020).

Maka dari itu, Dandim 0615/Kuningan, mengantisipasi agar pembelajaran daring tidak membebani orang tua di rumah. Terlebih di masa pandemi covid-19 ini, karena daya beli masyarakat sedang melemah.

“Semoga dengan adanya fasilitas wifi di setiap Koramil, bisa membantu proses pembelajaran KBM daring. Sebab, tidak semua wilayah berada dalam jaringan yang bagus, termasuk di sekolah-sekolah yang ada di pelosok,” ujarnya.

Dandim berharap, layanan internet gratis tersebut bisa memicu semangat belajar siswa belajar daring. “Kami membuka tangan selebar-lebarnya bagi pelajar yang ingin memanfaatkan fasilitas internet untuk belajar online. Asal jangan sampai disalahgunakan, untuk game online, dan sebagainya,” tegas Dandim 0615/Kuningan.

Sangat terbantu

Sementara itu, salah seorang pelajar MAN Cigugur, Asep, mengaku sangat terbantu dengan adanya fasilitas wifi gratis di Koramil 1515/Cigugur.

“Sangat terbantu. Soalnya meski saya punya smartphone, tapi untuk minta beli kuota dibatasi. Sekarang orang tua di rumah juga sering ngeluh, karena kebutuhan yang lainnya juga harus dipenuhi,” ujar Asep, saat melakukan pembelajaran di Koramil 1515/Cigugur, Jumat (14/8/2020) pagi.

Asep pun seringkali mengeluhkan lokasi tempat tinggalnya yang berada di luar jangkauan provider. “Iya udah gitu, rumah saya kan di Cipari, yang kadang untuk signal, saat ada kelas online itu, harus ke bawah dulu. Itu juga kalau lagi ada kuotanya,” tandas Asep.

Tidak hanya memberikan fasilitas wifi internet gratis, Kodim 0615/Kuningan, melalui Koramil di setiap kecamatan pun menjemput pelajar yang hendak belajar di Koramil.

Protokol kesehatan

“Alhamdulillah, kemarin murid-murid kami juga dijemput untuk belajar kelompok. Sempat khawatir saat anak-anak akan menyebrang jalan,” ujar Aat, guru SDN 2 Luragung yang juga memanfaatkan fasilitas internet gratis di Koramil 1507/Luragung.

Aat pun mengungkapkan kebahagiaannya saat murid-muridnya bisa belajar dengan online di aula gedung koramil. “Senang banget ya, karena kan meski tatap muka, tapi tidak semua muridnya ikut, dibagi beberapa kelompok, yang lainnya belajar online di rumah,” ucapnya.

Tidak lupa, para prajurit berbaju loreng itu, mengingatkan para pelajar untuk tetap menggunakan protokol kesehatan, seperti mencuci tangan terlebih dahulu, tetap menggunakan masker dan jaga jarak. (Ruddy/SGO)