Pemdes Harus Mampu Ciptakan Desa Wisata

oleh -65 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Balai Penelitian Pengembangan, Pendidikan dan Informasi Balai Besar Pengembangan Latihan Masyarakat mengadakan pelatihan produk unggulan kawasan pedesaan angkatan X di Gedung Mahardika, Desa Ciwaru Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu (6/11/2019).

Kegiatan tersebut diikuti 30 peserta yang berasal dari beberapa desa yang ada di Kecamatan Ciwaru. Dalam kesempatan tersebut, BBPLM mengundang narasumber yang inspiratif, untuk memberikan motivasi bagi warga tentang desa wisata yang sukses dengan produk unggulannya, yaitu Kepala Desa Cibuntu, H. Awam Hamara dan Komunitas Bumi Kreatif yang juga sebagai pengelola desa wisata Hanjeuli di Sukabumi.

Dian Mentari Alam, Penggerak Swadaya Masyarakat di BBPLM, mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk mengindentifikasi dan analisa potensinya dengan amelitas, atraksi dan aksesbilitas. Selain itu, selesai program tersebut akan ada tindak lanjut berikutnya.

“Kegiatan ini diadakan untuk membantu mengidentifikasi dan menggali potensi desa mereka serta memberikan semangat juga pengetahuan tentang manfaat desa wisata, dan hari ini kebetulan kami mengundang best experience, yaitu Kepala Desa Wisata Cibuntu,” jelas Dian.

Dian berharap, dengan pelatihan ini maka desa-desa di Kecamatan Ciwaru akan menjelma sebagai desa wisata, sehingga mampu menghasilkan tambahan ekonomi bagi warganya. Pada gilirannya, roda perekonomian di desa maupun kecamatan dapat lebih meningkat dan sejahtera. (Andin/SGO)