Pemkab Dituntut Lakukan Percepatan Pengadaan Barang dan Jasa

oleh -110 views

CIREBON, (SGOnline).-

Pemkab Cirebon akan melakukan percepatan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa tahun 2020, dengan harapan agar program pembangunan bisa segera terlaksana sesuai dengan pertumbuhan ekonomi.

Penegasan itu disampaikan Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi dalam rapat yang digelar di Hotel Apita, Senin (2/12/2019). Tampak hadir, Kepala Bappenda Erus Rusmana, kepala SKPD dan camat se-Kabupaten Cirebon.

“Sesuai Peraturan Presiden No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sosialisasi percepatan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam memperbaiki tata kelola, menurunkan permasalahan korupsi dan meningkatkan transparansi, akuntabilitas sekaligus juga meningkatkan percepatan pelaksanaan serta penyerapan anggaran pada kementerian, lembaga, atau pemda,” ujar Imron.

Ia juga menegaskan, pemerintah daerah dituntut untuk melakukan percepatan di bidang pengadaan barang dan jasa, serta seputar percepatan proyek strategis nasional. “Hendaknya hal itu menjadi salah satu tekad kita bersama dalam penyelenggaraan sistem pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme,” katanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Imron mengabsen seluruh kepala SKPD  karena ia melihat masih ada bangku yang kosong. Ia meminta agar pejabat yang tidak bisa hadir mengutus perwakilannya agar informasi tidak terputus. Terlebih SKPD merupakan sebuah organisasi dan menjadi tugas bersama/tim.

“Kalau memang ada kesibukan sehingga tidak bisa hadir dalam acara ini ya tidak apa-apa, asalkan kepala dinas tersebut mewakilkan kepada bawahannya. Kalau memang tidak mendapat undangan, berarti itu kesalahan panitia. Saya akan evaluasi semuanya agar ke depan seluruh kepala dinas bisa ikut hadir dalam rapat-rapat penting, seperti saat ini,” tandasnya. (Effendi/SGO)