Pemkab Dukung Kagama Kembangkan Sektor UMKM

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon akan terus mengoptimalkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), terlebih dalam menghadapi pandemik virus corona.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cirebon, H Imron saat menghadiri acara Diskusi Konsolidasi UMKM Anggota Kagama Cirebon Raya dan Jabar serta Penyusunan Agenda Kerja yang digelar di Moza Cafe Sumber, Kabupaten Cirebon, Sabtu (11/7/2020).

“Potensi kita cukup besar. Penduduk kita juga cukup padat, bahkan mungkin terbanyak se-wilayah Ciayumajakuning. Sekarang tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan segala potensi yang ada,” kata Imron dalam diskusi yang digagas Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama).

Potensi ini, lanjut Imron, hanya bisa dikembangkan melalui kreativitas serta mampu melahirkan ide-ide cemerlang demi kemajuan dan meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Cirebon.

Kepedulian Gajah Mada

Sementara itu, Direktur Eksekutif Sepada Nit yang bergerak dalam Studi Ekonomi Bisnis Politik dan Kebijakan Publik, Heru Subagja, mengatakan, dirinya sengaja menggandeng Kagama Cirebon dan Pantura, karena kepedulian alumni Gajah Mada untuk memajukan UMKM.

“UMKM ini harus kita stimuluskan. Kalau kita mempunyai badan formal akan lebih mudah masuknya. Selain itu, kami juga akan menghasilkan berbagai kebijakan serta konsep akademik, daerah mana saja yang khusus untuk terapi di wilayah Cirebon ini,” jelas Heru.

“Potret ekonomi di kabupaten ini secara keseluruhan sangat potensial, terutama industri kreatif. Contohnya, Plered, Jatiwangi dan Ciledug yang akan kita angkat nantinya. Intinya, banyak hal yang perlu kita benahi, perlu kita berikan saran dan gagasan kepada penggiat UMKM dan pemerintah daerah,” tandasnya. (Andi/SGO)