Pemkab Majalengka Buka Lowongan CPNS 2019 untuk 149 Formasi

oleh -90 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Bagi warga Majalengka yang ingin menjadi pegawai negeri sipil (PNS) harus mempersiapkan diri, sebab dalam waktu dekat pemda setempat akan membuka pendaftaran dengan kuota 149 formasi.

Informasi yang diperoleh Surya Grage Online, Sabtu (2/11/2019), Pemerintah Kabupaten Majalengka akan membuka lowongan CPNS tahun 2019 untuk 149 formasi. Angka tersebut lebih kecil karena Pemkab mengajukan 450 formasi ke pemerintah pusat.

“Total kuota Majalengka tahun ini hanya 149 formasi, itu juga kebanyakan untuk tenaga pendidik,” kata Kepala Bidang (Kabid) Data Informasi Pemberhentian dan Pengadaan Pegawai, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Majalengka, Dadang Sandi Bahrudin.

Mengenai rinciannya, sambung dia, terdiri dari 101 tenaga pendidikan, 24 tenaga kesehatan, dan 24 untuk tenaga teknis. Tahun ini formasi tersebut hanya dibuka bagi umum, sehingga bagi tenaga honorer harus mengikuti proses sesuai aturan yang berlaku.

“Pembukaan pendaftaran seleksi CPNS 2019 akan dilaksanakan serentak pada 11 November 2019. Untuk Kabupaten Majalengka, akan ada pengumuman melalui portal resmi dan akun media sosial (medsos) milik Pemkab Majalengka,” katanya.

Kepala BKPSDM H Toto Sumianto mengemukakan, penerimaan CPNS berdasarkan aturan dari pemerintah tidak boleh lebih dari ASN yang akan pensiun. Jika lebih akan membebani anggaran negara. “Kalau menurut bahasa Sunda itu plus plos, kalau misal yang pensiun 400 orang, maka ajuan penerimaan CPNS di daerah itu tidak jauh dari 400 orang,” tuturnya.

Pihaknya berharap masyarakat tidak mudah percaya terhadap orang-orang yang mengaku bisa meluluskan menjadi PNS, sebab mekanisme dan perekrutan saat ini sudah secara transpan dan terbuka. “Sekarang seleksi CPNS itu menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), jadi tidak bisa dimanipulasi atau dimainkan. Hasilnya pun akan terlihat secara transparan dan terbuka dipublik,” tegasnya. (Hisyam/SGO)