Media Partner

Pemkot Cirebon Gandeng Relawan Tangani Jenazah Pasien Covid-19

oleh -8 views

CIREBON, (SGOnline).-

Puluhan relawan kemanusiaan yang mengurus atau pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di Kota Cirebon mendapatkan pelatihan. Kegiatan tersebut merupakan hasil kerja sama Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon melalui Satgas Covid 19 dengan Attaqwa Center Cirebon (DKM Masjid Raya At-Taqwa) yang dilaksanakan selama 2 hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, H Agus Mulyadi, mengatakan, puluhan relawan ini untuk menangani jenazah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan meninggal dunia di rumah. “Targetnya jenazah pasien Covid-19 ditangani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan syariat agama,” katanya, Rabu (27/01/2021).

Agus mengungkapkan, untuk pasien Covid-19 yang meninggal dunia di rumah sakit sudah ditangani Satgas Covid 19 di rumah sakit. “Pembiayaan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di rumah akan ditanggung Pemkot Cirebon,” ujarnya.

Pada saat yang sama, Ketua Attaqwa Center Cirebon, H Ahmad Yani, berterima kasih kepada Satgas Covid 19 Kota Cirebon yang mau berkolaborasi dengan Attaqwa Center Cirebon dalam pelatihan 44 relawan yang akan bertugas dalam pemulasaran jenazah pasien Covid-19.

“Attaqwa Center Cirebon akan membuka call center untuk menerima laporan masyarakat jika ada pasien Covid-19 yang meninggal dunia di tempat tinggalnya,” tambahnya.

Yani memaparkan, untuk tiap penanganan jenazah pasien Covid-19, akan diturunkan 4 orang yang sudah mendapatkan pelatihan tentang protokol kesehatan dan syariat penanganan jenazah. “Tim relawan akan mengurus jenazah dari awal sampai mengantarkan ke pemakaman,” ujarnya. (Herwin/SGO)

READ  Aiptu Misro Ingatkan Satpam Patuhi Prokes 5M