Pemkot, Kodim dan Masyarakat Percantik Bantaran Sungai Cikalong

oleh -116 views

CIREBON, (SGOnline).-

Pemerintah Kota dan Kodim 0614 Kota Cirebon menggelar karya bakti dan bakti sosial dalam rangka Binter Terpadu 2019 yang diadakan di Kelurahan Larangan, Kecamatan Harjamukti, Jumat (15/11/2019).

Acara yang dipusatkan di pinggir Sungai Cikalong ini dihadiri Wakil Wali Kota Cirebon, Hj. Ety Herawati, Dandim 0614 Letkol. Inf Herry Indriyanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, H Abdul Syukur dan tamu undangan lainnya.

Untuk meningkatkan kebersihan aliran dan bantaran sungai yang ada di Kota Cirebon, Pemkot, Kodim 0614, DLH dan BBWS serta masyarakat secara bersama-sama ikut terlibat membersihkan sampah dari sungai. “Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Dandim yang sudah berinisiatif menata dan membersihkan aliran dan bantaran Sungai Cikalong ini,” ungkap Ety.

Di samping itu, Ety juga berharap, tidak hanya 200 meter Sungai Cikalong saja yang dibersihkan, tetapi sungai-sungai lain yang ada di Kota Cirebon bisa ditata seperti Sungai Cikalong ini. Ia mendorong BBWS dan dinas terkait untuk bisa mewujudkan harapan masyarakat Kota Cirebon menjadi lebih bersih. “Kebersihan sebagian dari iman, maka mari kita jaga agar Kota Cirebon menjadi lebih bersih” tandas Ety.

Sementara itu, Dandim Herry mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kodim untuk membantu pemerintah dan juga masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih berupa normalisasi aliran sungai agar sungai bisa kembali sesuai fungsinya. “Kalau sungai tercemar bisa menimbulkan banyak penyakit,” ungkap Herry.

Rencananya minggu depan, Kodim, Pemkot Cirebon serta BBWS akan membersihkan Sungai Kedung Pane. (Bobby/SGO)