Pemuda Harus Bisa Bendung Dampak Negatif Teknologi Informasi

oleh -130 views

CIREBON, (SGOnline).-

Bupati Cirebon, H Imron Rosyadi memimpin peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di GOR Ranggajati, Sumber, Kabupaten Cirebon. Apel Hari Sumpah Pemuda yang bertema “Bersatu Kita Maju” ini juga diikuti kepala SKPD, Forkopimda dan tamu undangan lainnya, Senin (28/10/2019).

Dalam amanatnya, Bupati Imron mengingatkan jika tema peringatan Hari Sumpah Pemuda ini untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun para pemuda yang diikrarkan pada 1928. Sebab, dengan bersatu dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Perkembangan teknologi informasi bagai dua sisi mata pisau, satu sisi bisa memberikan kecepatan informasi sehingga bisa untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan. Namun satu sisi lainnya lagi bisa berdampak negatif. Informasi yang bersifat defoktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas, kriminal hingga terorisme bisa juga bisa masuk dengan mudahnya apabila para pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan, agama dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Maka dari itu, lanjut Imron, peran pemuda dituntut mempunyai karakter moral dan kinerja pemuda yang beriman dan bertakwa, berintegritas, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas dan tuntas, serta memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan agar mampu berperan aktif dalam kancah internaional.

Imron juga menegaskan kembali, agar para pemuda khususnya di Kabupaten Cirebon lebih berhati-hati dalam menggunakan perkembangan teknologi dan informasi. “Gunakan secara positif dan mempunyai filter supaya bisa membendung pengaruh yang bersifat negatif,” tegasnya. (Mad/SGO)