Peneliti Puslitbang Bimas Kemenag RI Cek Masjid Subulussalaam

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

Masjid Subulussalaam RW 14 Permata Harjamukti Utara, Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon mendapat kunjungan kehormatan dari peneliti Puslitbang Bimas Agama & Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, H Ibnu Hasan Muchtar, Rabu (8/7/2020).

Kunjungan H Ibnu yang didampingi Ahmad Falah, Penyuluh Agama Islam, untuk mengecek apakah protokol kesehatan covid-19 diterapkan sesuai aturan Kementerian Agama RI. “Setiap masjid di seluruh Indonesia harus menjalankan protokol kesehatan. Upaya itu untuk mencegah penularan virus corona yang sampai saat ini belum ada vaksinnya,” kata dia.

Untuk itu, ia berharap DKM Subulussalaam tetap memperhatikan protokol kesehatan selama menggelar salat berjamaah, seperti cuci tangan pakai sabun sebelum berwudhu, cek suhu tubuh, pakai hand sanitizer dan mengenakan masker dari rumah.

“Kemudian, jaga jarak dengan jamaah lain selama di masjid. Setelah selesai salat, tidak melakukan jabat tangan dan langsung pulang ke rumah masing-masing,” pintanya.

Terapkan protokol

Sementara itu, Ketua DKM Subulussalaam, Naim Abdurachman melalui Wakil Ketua DKM, Didi Sunardi, menyambut baik kehadiran H Ibnu Hasan Muchtar. “Selama ini kami selalu memberikan pelayanan dan kenyamanan kepada jamaah serta menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sekretaris DKM Subulussalaam, Solikhin, dan wakilnya, Sukarna, menambahkan, selama ini kegiatan peribadatan dan majelis taklim selama pandemi covid-19 tetap digelar, namun dengan memperhatikan protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah.

“Dengan kehadiran peneliti dari Puslitbang Bimas Islam Kemenag RI ini diharapkan, Masjid Subulussalaam benar-benar layak melaksanakan peribadatan dan ibadah lainnya, sebagaimana ketentuan yang berlaku,” papar Sukarna. (Rilis/Andi/SGO)