Lima Orang Kinipan Ditangkap Polisi terkait Perampasan Lahan dan Kriminalisasi Warga Adat

oleh -50 views
ilustrasi/indoprogres.com

KALTENG, (SGOnline).-

Lima warga Desa Kinipan, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah ditangkap polisi. Empat di antaranya, Riswan, Teki, Semar, dan Embang, adalah anggota komunitas adat. Satunya lagi, Effendi Buhing, berstatus ketua.

Effendi ditangkap di rumahnya, Rabu (26/8/2020). Video penangkapan Effendi tersebar di media sosial dan grup komunikasi. Dalam video tersebut segerombolan polisi menangkap Effendi dengan cara paksa. Bahkan ada polisi bersenjata lengkap.

Seorang perempuan berteriak-teriak menghalaunya. Mereka ditangkap atas laporan PT Sawit Mandiri Lestari (SML) karena diduga melakukan pencurian dengan kekerasan kepada dua karyawan perusahaan, Asmani dan Herman.

“Riswan dan kawannya diduga melakukan pencurian dengan kekerasan satu unit gergaji mesin, dengan alasan Asmani dan Herman bekerja di wilayah Desa Kinipan,” ucap Kabid Humas Polda Kalimantan Tengah, Kombes Pol Hendra Rochmawan, Kamis (27/8/2020).

Polisi menyebut dalam penyidikan didapatkan keterangan, orang yang menyuruh melakukan perampasan gergaji mesin adalah Effendi. “Saat ini pemeriksaan awal masih dilakukan kepada Effendi Buhing,” kata Hendra.