Pilkatos Diusulkan Dilakukan secara Serentak

oleh -90 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengusulkan Pemilihan Ketua OSIS (Pilkatos) digelar secara serentak. Hal ini dalam rangka mempertegas penanaman nilai-nilai demokrasi, terutama kepada calon pemilih pemula di lingkungan sekolah.

Ketua KPU Kuningan, Asep Fauzi mengatakan, penerapan model Pilkatos serentak ini diyakini akan mendongkrak partisipasi politik kalangan terpelajar dalam ajang kontestasi Pemilu, Pilkada maupun Pilkades di masa mendatang.

“Saya berpendapat Pilkatos serentak sangat efektif menerapkan model pembelajaran yang konstruktif. Sebab, sangat selaras dengan metode pembelajaran learning by doing. Peserta didik tidak hanya mendalami teori demokrasi tetapi juga diberi kesempatan mempraktikkan secara langsung di lapangan. Agar berjalan efektif harus ada political will dan good will dari pemangku kebijakan, baik di level pemerintah daerah, dinas pendidikan maupun di tingkat satuan pendidikan. Para pihak tersebut harus konsolidasi dari sekarang,” ujar pria yang biasa disapa Asfa ini.

Asfa menjelaskan, pemilihan ketua OSIS di tingkat SLTP dan SLTA selama ini sudah rutin digelar. Anggarannya pun sudah tersedia dari BOS atau Komite Sekolah. Namun teknis penyelenggaraannya masih bergantung pada kreativitas pembina dan pengurus OSIS-nya.

“Jika pemkab mendorong Pilkatos serentak dengan serius, saya yakin akan lebih menarik. Syaratnya serentakkan jadwalnya, bakukan di dalam Kalender Akademik, lalu benahi perangkat atau aturan pemilihannya. Jangan sampai di kalender akademik hanya muncul jadwal PPDB, UTS, UAS, USBN, UN, PHBN, PHBI,” tandasnya.

Secara teknis, sistem Pilkatos serentak dapat mengadopsi sistem Pilkada serentak maupun Pilkades serentak. Namun karena target pokoknya adalah pendidikan politik maka harus ada penyederhanaan. Tahapan intinya antara lain pembentukan badan penyelenggara, sosialisasi, pemutakhiran data pemilih, pendaftaran dan penetapan calon ketua. Ada juga tahapan kampanye, pemungutan suara, penghitungan dan rekapitulasi hasil penghitungan suara, penetapan calon terpilih sampai pelantikan ketua baru. (Andin/SGO)