Plt Bupati Indramayu pun Dites HIV-AIDS

oleh -73 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Di tengah peringatan Hari HIV-AIDS Sedunia, Senin (9/12/2019), Lembaga Setia Indonesia berhasil meraih penghargaan pagiat LSM sebagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang aktif di bidang HIV-AIDS.

“Penghargaan yang diterima langsung Ketua Lembaga Setia Indonesia, Riyadus Soluchin itu sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah (pemda) terhadap LSM-LSM yang ada di Kabupaten Indramayu. Secara lembaga, kami mengucapkan banyak terima kasih atas penghargaan tersebut,” kata Koordinator Program Lembaga Setia Indonesia,” Karyono, kemarin.

Menurutnya, penghargaan itu merupakan bentuk pengakuan pemerintah melalui Komisi Penanggulangan HIV-AIDS Kabupaten Indramayu, dengan harapan melalui peringatan hari HIV-AIDS Sedunia tahun 2019 ini mampu meminimalisasi kasus-kasus HIV di Indramayu.

Dengan demikian, pada tahun 2030 mendatang, penanganan isu HIV-AIDS secara nasional khususnya di Kabupaten Indramayu dapat tuntas. “Untuk meminimalisasi kasus HIV-AIDS di Indramayu, perlu peran serta pemerintah daerah, dinas/instansi dan seluruh lapisan masyarakat peduli terhadap pencegahan HIV-AIDS, sehingga pada tahun 2030 semuanya sudah tuntas dan tidak ada lagi kasus maupun temuan baru,” tandasnya.

Keikutsertaan Plt Bupati Indramayu, H. Taufik Hidayat untuk melakukan tes HIV-AIDS, lanjut dia, merupakan langkah maju yang dapat memberikan contoh kepada lainnya bila HIV-AIDS harus diketahui sedini mungkin.

Karena apabila diketahui secara dini, maka akan mudah dalam penanganannya dan dengan adanya contoh dari Plt Bupati, H Taufik Hidayat yang mengikuti tes HIV akan diikuti pula oleh masyarakat lainnya, terutama kelompok-kelompok berisiko tinggi agar mau memeriksakan diri ke layanan-layanan HIV yang tersebar di Indramayu.

“Di peringatan Hari HIV/AIDS Sedunia tahun 2019 ini, mari kita bersama-sama berjuang dalam upaya pencegahan dan penanganan isu HIV-AIDS Karena isu HIV-AIDS, sudah menjadi isu bersama yang harus diperjuangkan agar tidak muncul lagi kasus-kasus yang baru,” imbaunya. (Rat/SGO)