Portal Pocong di Bandorasa Wetan Menarik Perhatian Pengguna Jalan

oleh -50 views

KUNINGAN, (SGOnline).-

Berbagai cara unik dilakukan masyarakat Kuningan dalam mencegah masuknya virus corona ke wilayah mereka, salah satunya dengan memasang portal. Upaya itu untuk meminimalisasi, sekaligus pendataan bagi pendatang atau pemudik yang masuk.

Dari sekian banyak bentuk portal/posko check point covid-19 di desa-desa, ada satu portal yang menarik dan unik. Portal tersebut berlokasi di gerbang masuk Desa Bandorasa Wetan, Kecamatan Cilimus. Pemuda desa di sana, sengaja merancang portal dengan bentuk tak lazim, yakni memasang jaring seperti rumah laba-laba. Bahkan, untuk menambah kesan angker, pemuda desa memasang boneka pocong. Alhasil, tidak sedikit warga yang melintas, terpaksa menolehkan pandangannya ke arah pocong tadi.

“Memang sengaja dibuat dengan tema misteri. Pesannya, untuk mengingatkan warga agar patuh pada imbauan pemerintah, yaitu berdiam diri di rumah agar terhindar dari penyebaran virus corona,” papar seorang warga setempat, Rina, kepada wartawan, Senin (6/4/2020).

Patuhi KWP

Pemasangan jaring laba-laba, imbuh Rina, agar pengguna jalan tidak bosan karena kebanyakan portal dibuat dari bahan bambu atau kayu yang dipalangkan di kedua sisi akses masuk. “Didesain sedemikian rupa agar warga patuh dengan program karantina wilayah parsial,” ujarnya.

Rina menjelaskan, Desa Bandorasa Wetan merupakan desa perlintasan yang menghubungkan Desa Bandorasa Kulon dan Sangkanurip. Jadi, banyak warga luar desa yang melintas di jalur tersebut. Adanya perluasan dan penambahan jam malam pada program Karantina Wilayah Parsial (KWP), membuat seluruh desa meningkatkan pengawasan keluar masuknya warga yang melintas di wilayahnya.

Semula, penerapan jam malam diberlakukan dari pukul 20.00 WIB hingga 06.00 WIB. Namun, mulai Minggu (5/4/2020), pemberlakuan jam malam ditambah waktunya menjadi mulai pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WIB. Penambahan waktu itu diklaim Bupati Kuningan, Acep Purnama, adalah bentuk peningkatan kewaspadaan penyebaran covid-19. (Andin/SGO)

Hayyyy  hallo..... Mas, Mba... Sis  Bro... dah pada daftar menjadi mahasiswa baru UGJ belum.....ituloh Universitas Swadaya Gunung Jati.... Dulu kalian mengenalnya dengan Unswagati

Diatas ada panduan cara mendaftar online via fasilitas BJB ya....? dan juga panduan untuk melakukan heregistrasi/registrasi bagi yang sudah dinyatakan Lulus....

Semoga kalian bisa lulus dengan jurusan/program studi yang dicita-citakan

Kuliah....kuyyy ke UGJ