Prestasi Hj. Neni Bakal Tercatat dalam Sejarah Majalengka

oleh -137 views
Hj. Neni Sofia Iriani

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Tepat 1 Juli 2020, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Majalengka, Hj. Neni Sofia Iriani memasuki masa purnabakti sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Majalengka.

Sejak dilantik menjadi kabag humas pada 31 Maret 2016 hingga kini berganti nama, wanita kelahiran Majalengka, 1 Juni 1962 sudah tidak asing lagi di kalangan insan pers. Sebab, bagian humas sangat melekat dengan wartawan, ketimbang dengan masyarakat pada umumnya.

Dari catatan yang dihimpun, berbagai prestasi dan terobosan ia torehkan sejak menjadi kepala bagian humas. Sebut saja, sejak zaman Bupati Majalengka, H Sutrisno, mengagas kerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada tahun 2016, yakni menggelar Lomba Menulis Berita, Artikel dan Foto dengan melibatkan wartawan, masyarakat umum dan fotografer.

Program ini pertama dalam sejarah Kehumasan Setda Majalengka dan menjadi cikal kejuaraan yang melibatkan para jurnalis Majalengka. Pada tahun 2017, kegiatan ini berubah nama menjadi Majalengka Media Award (MMA) yang disatukan dengan kegiatan jumpa pers dan buka puasa bersama.

MMA berlaku hingga tahun 2018. Kemudian pada 2019, lomba berubah menjadi Lomba Foto Raharja pada zaman Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi. Namun pada 2020, tidak ada kegiatan yang melibatkan wartawan dikarenakan wabah Covid-19 melanda seluruh penjuru dunia termasuk Majalengka.

Permohonan maaf

Selain kegiatan yang sifatnya kompetesi, Hj. Neni juga kembali menjalin kerja sama dengan PWI Majalengka dan Dewan Pers, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) perdana akhir Desember 2019.

Acara peningkatan kompetensi wartawan tersebut diikuti sebanyak 33 orang. Mungkin itu sebagian kecil deretan program yang dirasakan langsung manfaatnya oleh insan pers di masa kepemimpinan Hj. Neni Sofia Iriani.

“Saya sekarang sudah memasuki masa pensiun, mohon maaf jika ada kesalahan dan kehilafan. Semoga tali silatturahmi saya bersama seluruh wartawan tidak akan pernah luntur,” kata Neni saat dikonfirmasi via ponselnya, Minggu (28/6/2020).

Ia mengaku belum bisa berbuat banyak dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai ASN. Kalau pun ada itu semua berkat kerja sama dan dukungan semua pihak yang terlibat di dalamnya.

“Semoga apa yang saya laksanakan selama menjadi kabag, bisa memberikan manfaat dan kontribusi bagi Majalengka, khususnya kepada Pak Bupati, Pak Sekda, para pejabat serta para jurnalis Majalengka baik cetak, elektronik, online maupun radio,” tuturnya.

Dekat dengan pers

Ketua PWI Kabupaten Majalengka, Jejep Falahul Alam, menyampaikan terima kasih atas segala dedikasi dan pengorbanan Kabag Protokoler Setda Majalengka selama mengemban amanah. Ia dikenal sebagai kabag yang dekat dengan semua wartawan, mampu menjalin komunikasi yang baik dan sangat menghormati semua pihak, terutama wartawan.

“Saya sangat mengapresiasi atas kinerja dan dedikasi Ibu Kabag yang luar biasa. Banyak program dan kegiatan yang disinergikan dengan PWI pada khususnya. Itulah telah memberikan manfaat bagi seluruh wartawan Majalengka. Ini sejarah yang akan mencatatnya dalam tinta emas. Semoga Ibu Kabag semakin sukses dan terus memberikan manfaat bagi masyarakat di masa pensiunnya,” harapnya. (Rilis/Ruddy/SGO)