Produksi Minyak Pertamina EP Asset 3 Lampaui Target

oleh -85 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Pertamina EP sebagai salah satu Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) di bawah pengawasan SKK Migas mendapatkan tugas untuk memenuhi amanah menjaga ketahanan energi Indonesia.

“Pertamina EP Asset 3, salah satu Asset Pertamina EP dengan wilayah kerja di Jawa Barat mencatatkan kenaikan produksi melalui Tambun Field, Subang Field dan Jatibarang Field melalui kegiatan pengeboran, workover, dan well intervention yang telah berhasil memberikan tambahan produksi sebesar 2,794 BOPD dengan total dengan produksi minyak sebesar 13.149 BOPD atau 101% dari target 2019,” papar General Manager PT Pertamina EP Asset 3, Wisnu Hindadari di sela kegiatan media visit Hulu Migas awak media Ciayumajakuning di Kabupaten Majalengka.

Dengan kegiatan di atas, lanjut dia, produksi gas Pertamina EP Asset 3 sebesar 261 MMSCFD dan berpotensi untuk menambahkan produksi gas lebih dari 22 MMSCFD. Salah satu kegiatan untuk meningkatkan produksi adalah pengeboran di sumur RDG-PJ yang ditargetkan untuk meraup minyak 300 BOPD.

Dia berharap, Pertamina EP mengharapkan sumur RDG-PJ yang berlokasi di Sumberjaya, Kabupaten Majalengka ini nantinya dapat memberikan tambahan produksi berupa minyak mentah sebesar 300 BOPD (Barrel Oil Per Day). Di tahun 2019 ini, PT. Pertamina EP Asset 3 Jatibarang Field mencatat kinerja gemilang dengan peningkatan produksi mencapai 41,85% dibandingkan capaian produksi pada tahun 2018.

Selain industri hilir, industri hulu migas juga memegang peranan penting dalam roda perekonomian bangsa Indonesia. Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi, Pertamina memiliki tugas strategis untuk mengelola industri migas dari hulu hingga hilir.

Sementara itu, PT Pertamina EP Asset 3 mengajak awak media yang berasal dari Majalengka, Indramayu dan Cirebon mengunjungi lapangan (field) pengeboran minyak di wilayah Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka, Selasa (5/11/2019). Kegiatan ini dikemas dalam kegiatan media visit Hulu Migas.

PJs Asset 3 L dan R Manager Rizki Vistari mengatakan, tujuan program media visit seperti ini sebagai media edukasi dan menjadi salah satu sarana penyampaian informasi Pertamina untuk menggambarkan pengelolaan kedaulatan energi di Indonesia mulai kegiatan dari hulu hingga hilir. Apalagi, sebagian besar rekan-rekan media mendapatkan informasi hanya mengenai bisnis hilir migas saja, yaitu proses distribusi produk BBM dari Pertamina hingga konsumen.

“Hari ini kita mengajak teman teman pers untuk mengetahui secara langsung proses pengeboran minyak mentah dari perut bumi hingga nantinya disalurkan ke Refinery (Unit Pengolahan) untuk diproses menjadi BBM dan produk lainnya,” ujarnya.

Dia menjelaskan, unit bisnis Pertamina dalam mengelola kegiatan hulu dan hilir tersebar di seluruh Indonesia bahkan saat ini telah merambah ke pasar internasional. “Selain penyebaran unit bisnis tersebut, kita juga telah mencapai beberapa target strategis seperti program BBM satu harga yang berhasil melayani 161 titik terluar Indonesia,” paparnya. (Hisyam/SGO)