Puluhan KK di Kuningan Mengungsi Akibat Diterjang Longsor

oleh

KUNINGAN, (SGOnline).-

Akses jalan tiga desa di tiga kecamatan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, tertutup akibat diterjang longsor di beberapa titik. Kondisi tersebut membuat penghuni di empat rumah terpaksa diungsikan, Kamis (18/6/2020) malam.

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama unsur pemerintahan kecamatan, TNI dan Polri melakukan pemantauan, Jumat (19/6/2020) pagi. Bahkan untuk membuka akses yang tertutup longsor, mereka bahu membahu melakukan pembersihan.

Kepala BPBD Kuningan, Agus Mauludin, menjelaskan, ada tiga desa di Kecamatan Subang, Cilebak dan Kecamatan Japara, yang terkena bencana longsor. “Musibah longsor terjadi setelah turun hujan deras, selain warga mengungsi juga pagar bangunan sekolah ikut terdampak,” paparnya.

Sementara itu, Yana, warga Dusun Manis, Desa Mandapajaya, Kecamatan Cilebak, menuturkan kronologis bencana longsor yang terjadi tepat di sekitar rumahnya. “Kejadiannya Kamis malam. Kami sempat was-was khawatir longsong menerjang rumah kami,” ungkap Yana.

Ikut pindah

Esoknya, kata dia, petugas gabungan dari BPBD, TNI dan Polri bersama warga melakukan pembersihan dari material longsoran yang mengganggu akses jalan. “Tadi di lokasi juga diberi garis polisi agar warga berhati-hati saat melintas,” katanya.

Saat ini, di lingkungan RT tempat tinggalnya, ada sekira 4 rumah yang penghuninya terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman. “Termasuk keluarga saya juga ikut pindah ke rumah kerabat yang lokasinya jauh dari lokasi bencana. Khawatir ada longsor susulan,” terangnya.

Sebelumnya, hujan deras sepanjang Kamis (18/6/2020), memicu musibah longsor di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Subang, Cilebak dan Japara. Di Kecamatan Subang, ada dua desa yang terdampak, yakni Desa Pamulihan dan Desa Tangkolo.

Sementara di Kecamatan Cilebak, Desa Mandapajaya juga terdampak. Untuk Desa Pamulihan, longsor menyebabkan jalan penghubung Desa Pamulihan dan Mandapajaya tertutup aksesnya oleh material longsoran. Tepatnya di Blok Cisubang, Desa Pamulihan, material longsoran menutupi jalan sepanjang 20 meter, setinggi 2 meter.

Pagar roboh

Selain itu, pagar SMPN 2 Subang pun roboh karena longsor. Sementara, di Desa Mandapajaya, longsor mengakibatkan bahu jalan penghubung dengan Desa Pamulihan amblas.

“Untuk menghindari bahaya longsor susulan, sejumlah 37 kepala keluarga di 4 RT, Dusun Manis diungsikan ke lokasi yang lebih aman,” kata Agus, Kalak BPBD Kuningan.

Kemudian, di Desa Tangkolo, longsor terjadi pada TPT bahu jalan di Dusun Bangunsari sepanjang 20 meter. Hingga pukul 22.42 WIB, hujan masih terjadi dan aliran listrik PLN terputus.

Di wilayah Kecamatan Japara, juga terjadi bencana longsor yang mengakibatkan TPT ruas jalan penghubung Desa Cengal dan Desa Cikeleng ambruk sepanjang 50 meter dengan tinggi 10 meter. (Ruddy/SGO)