Puluhan Orang Gila asal Kota Cirebon Dikirim ke Bogor

oleh -46 views

CIREBON, (SGGOnline).-

Sebanyak 34 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), dijemput tim dari RS. dr. Marzuki Machdi Bogor untuk mendapatkan perawatan medis. Serah terima ODGJ dari Pemkot Cirebon diwakili oleh Wakil Walikota didampingi Ketua DPRD Kota Hj. Affiati A.Ma dan Kadinkes Edy Sugiarto kepada pihak RSJ dr. Marzuki Machdi di ruang Griya Sawala DPRD Kota Cirebon, Senin (29/10/2019).

Wakil Walikota Cirebon, Hj. Eti Herawati di hadapan Kepala Dinas Sosial Iing Daiman, Kepala Satpol PP Andi Armawan, unsur TNI, Polri dan tamu undangan lainnya mengatakan, tahun 2017, jumlah ODGJ mencapai 389 orang dan di tahun 2018 tercatat 546 orang dan pada 2019 mengalami peningkatan mencapai 595 orang.

Di tahun 2019 ini berdasarkan data yang didapat, lanjut Eti, penderita ODGJ di Kecamatan Kejaksan ada 9 orang, Kecamatan Kesambi 140 orang, Kecamatan Pekalipan 187 orang, Kecamatan Lemahwungkuk 106 orang dan Kecamatan Harjamukti ada 153 orang. Penderita ODGJ ini 80% merupakan usia produktif.

“Ini sebuah pertanggungjawaban dari Pemkot Cirebon terhadap masyarakat kita yang kurang beruntung. Hari ini kita memberangkatkan 34 orang dan mudah-mudahan pulih, produktif dan mandiri,” ungkap Eti.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj. Affiati A.Ma., menyampaikan rasa terima kasih kepada RS dr. Marzuki Machdi yang bersedia membawa pasien ODGJ. “Mudah-mudahan langkah ini menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi masyarakat Kota Cirebon, semoga pasien ODGJ bisa sehat kembali dan bisa hidup normal serta bisa bergaul dengan masyarakat yang lainnya, ” ungkap Affiati.

Sebelumnya ODGJ ini dilakukan pendataan dan pemeriksaan oleh tim medis dari RS dr. Marzuki Machdi di area parkir gedung DPRD. Menurut perwakilan dari RS, Iyep Yudian, tahap pengobatan yang dilakukan di antaranya tahap akut, stabilitasi dan tahap pemulihan. (Bobby/SGO)