Ratusan Aparat Keamanan Siap Kawal Panjang Jimat

oleh -48 views

CIREBON, (SGOnline).-

Untuk menjaga ketertiban dan keamanan, khususnya dalam mengamankan Muludan 1414 Hijriyah, Polresta Ciko menggelar apel Pengamanan Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman mapolres setempat, Jumat (8/11/2019).

Dalam sambutannya Kapolresta Ciko AKBP Roland Ronaldy yang dibacakan Kabag Ops Kompol Purnama mengatakan, memasuki bulan Mulud masyarakat di Kota Cirebon senantiasa mengadakan tradisi Muludan yang diadakan di Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan dan di Komplek Makam Sunan Gunung Jati.

“Tentunya rangkaian kegiatan dan tradisi ini bisa menimbulkan beberapa kerawanan terhadap Kamtibmas di Kota Cirebon. Modus operandi yang dimungkinkan terjadi di antaranya teror, sabotase dan upaya kegiatan menggagalkan Panjang Jimat oleh yang menentang tradisi karena dinilai menyalahi agama,” paparnya.

Untuk mengatasi berbagai kemungkinan itu, lanjut dia, Polresta Ciko sebagai pelindung dan pengayom masyarakat menyediakan konsep pengamanan selama tiga hari mulai dari tanggal 8 sampai 10 November 2019.

Adapun personel yang disiapakan Polres Cirebon Kota berjumlah 250 orang dan didukung TNI, Dishub dan intansi terkait lainnya. Di akhir sambutan Kapolresta AKBP Roland Ronaldy berharap TNI POLRI perkuat solidaritas dan sinergitas untuk menciptakan Kamtibamas yang aman dan kondusif. (Bobby/SGO)