Media Partner

Ratusan Nelayan Cirebon Ogah Melaut

oleh -189 views

CIREBON, (SGOnline).-

Akibat gelombang yang cukup tinggi, ratusan nelayan di Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, hingga kini enggan melaut.

“Ombak di laut masih tinggi, minimal sekitar 1,5 meter dan cuaca masih ekstrem. Kami sudah sekitar sebulan nganggur karena takut melaut,” tutur Tasuro (60 tahun), salah satu nelayan di desa setempat, Minggu (24/1/2021).

Menurut Tasuro, hanya nelayan pencari kerang hijau yang masih melaut. Sedangkan nelayan lainnya beralih pekerjaan, seperti menjadi kuli bangunan, tukang becak dan pekerja informal lainnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal), Letkol Laut (P) Afif Yuhardi, membenarkan kondisi ombak di laut Cirebon masih tinggi. “Di Cirebon saat ini sedang musim angin barat, jadi ketinggian ombak sekitar 2 hingga 3 meteran,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengimbau semua penggiat kelautan untuk meningkatkan kewaspadaan dan selalu membaca prakiraan cuaca. Jika cuaca buruk, baiknya tidak melaut dulu, dan selalu gunakan jaket pelampung selama melaut.

“Menurut analisa kami dari Lanal Cirebon, kondisi laut akan kembali normal diprediksi sekitar bulan Maret. Kami harap nelayan agar tetap waspada, karena keselamatan merupakah hal utama,” ucapnya. (Andi/SGO)

READ  Wagub: Bangsa Indonesia Sangat Butuh Orang yang Paham Ilmu Agama