Ratusan Warga Desa Rambatan Wetan Sambut Sedekah Bumi

oleh -74 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Ratusan warga Desa Rambatan Wetan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu, memadati balai desa setempat. Kedatangan mereka untuk menyaksikan prosesi sedekah bumi yang diisi tahlil dan doa bersama, Rabu (6/11/2019).

Di hadapan unsur Muspika dan tamu undangan lainnya, Kepala Desa Rambatan Wetan, Hj. Tumiah mengemukakan, jika sedekah bumi tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas berlimpahnya hasil pertanian yang didapat petani di desanya.

“Selain wujud rasa syukur, sedekah bumi juga sebagai upaya melestarikan budaya leluhur, sehingga dapat terjaga dengan baik. Antusiasme warga terhadap pelestarian budaya ini, dapat dilihat atas kesukarelaannya membawa tumpeng untuk dimakan bersama,” katanya.

Manfaat lainnya yang didapat dari sedekah bumi ini, lanjut dia, adalah meningkatkan jalinan silaturahmi dan sikap gotong royong seluruh warga. Sebab, dengan saling mengenal maka akan dengan mudah tumbuh rasa kebersamaan yang erat.

“Manakala budaya sedekah bumi ini dapat terus dilestarikan, maka ke depan tidak menutup kemungkinan akan menjadi destinasi wisata yang mampu menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara,” terangnya.

Tumiah juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga Desa Rambatan Wetan maupun unsur muspika yang membantu menyukseskan acara sedekah bumi ini. “Semoga ke depan ritual sedekah bumi ini mampu menjadi tujuan wisata yang mampu menyedot perhatian wisatawan,” ujarnya. (Rat/SGO)