Ratusan Warga Ikuti Tradisi Bersih-bersih Keraton Kanoman

oleh -80 views

CIREBON, (SGOnline).-

Usai salat Subuh, Sabtu (26/10/2019), Rusenah (42 tahun) warga asal Desa Jamblang, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon ini terlihat sudah berkemas. Ibu dua anak ini berniat mengujungi ke Keraton Kanoman Cirebon sedari pagi.
Untuk keperluan selama berada di keraton, ia membawa bekal makanan seadanya, seperti buras, gorengan, serta air minum secukupnya. Setelah semuanya dirasa cukup, semua bekal tadi ia pun masukkan ke dalam tas plastik. Rusenah mengajak serta kedua anak gadisnya, kemudian ia pun pergi dan mengajak tetangganya yang juga telah bersiap.

Rusenah dan warga yang tinggal bersamanya di Jamblang tak lupa membawa alat kebersihan, seperti sapu lidi, serok dan kemonceng. Mereka berangkat menggunakan mobil elf menuju terminal kemudian naik angkot menuju Keraton Kanoman Cirebon.

Setiba di Keraton Kanoman, Rusenah dan tetangganya berbaur bersama warga lainnya yang datang dari berbagai daerah di wilayah Ciayumajakuning untuk membersihkan keraton, halaman serta pekarangan. Terlihat mereka saling bergotong royong, bahu membahu mencabut rumput liar, menyapu halaman serta membuang sampah yang telah disediakan.

Rusenah mengaku hampir tiap tahun ia mengikuti tradisi bersih-bersih sebagai wujud kepedulian serta melestarikan keraton. Bahkan sejak kecil ia selalu dibawa serta orangtuanya untuk melakukan kegiatan tersebut.

“Saya setiap tahun biasa mengikuti bersih-bersih ini. Saya dan warga lain mengharapkan berkah atau ngalap berkah. Kami tulus ikhlas membersihkan bangunan keraton, karena merupakan peninggalan sejarah yang harus dipelihara dengan baik,” tuturnya kepada Surya Grage Online.

Hal yang sama diungkapkan Kurni (36 tahun) warga Desa Wanasaba Kidul, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon. Ia mengaku setiap tanggal 25 syuro, bersama warga lainnya membersihkan Keraton Kanoman. Kendari dari kerabat keraton menyediakan makan siang, namun ia tetap membawa bekal sendiri.

“Saya selalu membawa bekal makanan. Saya datang atas inisiatif sendiri dan jujur saya mengharapkan berkah dari bersih-bersih ini. Tradisi ini saya ikuti setiap tahun, asalkan sehat saya pasti ikut,” tuturnya.

Selain warga yang bersih-bersih, ada juga pengunjung yang membawa derigen atau wadah air lainnya sowan ke keraton. Mereka sengaja hadir untuk meminta doa dari Sultan Kanoman, Pangeran Raja Muhamad Emirudin.

Sementara di depan Keraton Kanoman, kerabat, abdi dalem keraton dan warga lainnya bergotong royong mengganti atap, membersihkan serta mengecat bangunan sekitar keraton. Sejumlah fotografer bahkan turis lokal dan mancanegara mengabadikan momen setahun sekali tersebut. (Bobby/SGO)