Raudhah, Tempat Favorit Jemaah Haji atau Umroh Bermunajat

oleh -87 views

BAGI setiap jemaah haji atau umroh, ketika tiba di Masjid Nabawi yang berada di Kota Madinah Al-Munawwaroh pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Raudhah. Tempat ini merupakan taman surga dan jika berdoa sangat mustajab.

Pantauan wartawan Surya Grage Online, Rabu (23/10/2019), Raudhah letaknya antara makam Nabi Muhammad SAW dan mimbar Rasul. Saat hendak berdoa di sini tidak mudah. Sebab lautan manusia harus mengantre dan berdesak-desakan agar dapat memasuki areal yang mulia ini. Para jemaah dibutuhkan kesabaran ekstra, kepasrahan, dan keberuntungan guna mendapatkan sepetak tempat untuk bersimpuh, bersujud, dan bermunajat di atas permadani hijau penanda taman surga tersebut.

Tak hanya itu, beribadah di Raudhah juga memiliki pahala yang sangat besar. Siapa saja yang salat di sana seakan-akan ia duduk di taman dari taman-taman surga dan pahalanya pun berlipat-lipat. Lebih baik salat di masjid Nabawi yang dilipatgandakan 1000 kali dari salat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.

Dahulu Raudhah sendiri terletak di luar halaman Masjid Nabawi, yakni di antara rumah Rasulullah SAW dan mighrab atau mimbar di Masjid Nabawi. Setelah Masjid Nabawi dibangun lokasi Raudhah terletak di dalam masjid, dengan ukurannya yang hanya 22 x 15 meter.

Lokasi yang menjadi taman surga yang tidak pernah sepi oleh jamaah haji dan umroh. Rasulullah SAW bersabda, “Tempat yang di antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) di antara taman-taman surga.” (HR. Bukhari).

Kawasan Raudhah sendiri ditandai dengan karpet berwarna hijau muda yang sangat berbeda dengan karpet warna di ruangan lain di dalam masjid Nabawi. Kawasan Raudhah juga memiliki 5 tiang yang berwarna putih dengan atap yang berhiaskan ornamen kaligrafi klasik.

Raudhah sendiri merupakan tempat yang sangat mulia dimana dahulu Rasulullah SAW melakukan ibadah, memimpin salat, menerima wahyu dan juga menjadi tempat ibadah bagi para sahabat. Raudhah sebenarnya merupakan tempat shaf bagi laki-laki dan hanya terbuka bagi perempuan pada jam-jam tertentu. Pada waktu waktu dhuha, waktu dhuhur, dan waktu salat Isya. Dengan ukuran 22 x 15 meter, Raudhah pun hanya cukup untuk menampung beberapa puluh jamaah.

Tak hanya itu, beribadah di Raudhah juga memiliki pahala yang sangat besar. Siapa saja yang salat di sana seakan-akan ia duduk di taman dari taman-taman surga dan pahalanya pun tak terbatas. Lebih baik salat di Masjid Nabawi yang dilipatgandakan 1000 kali dari salat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.

Kesimpulannya, Raudhah, taman surga yang menjadi salah satu tempat mustajab untuk berdoa. Umat Islam sangat dianjurkan untuk mengunjungi Raudhah dan berdoa di sana. Doa akan mudah dikabulkan, beribadah di Raudhah juga akan memberikan pahala yang melimpah. (Hisyam/SGO/disarikan dari berbagai sumber)