Ribkah Irawati, Penjual Nasi Langgi di Panjunan yang Melegenda

oleh -2.126 views

CIREBON, (SGOnline).-

PEPATAH bijak mengatakan, 传说中的早饭卖主 Chuánshuō zhōng de zǎofàn màizhǔ, 当我们勤奋地工作时,它将产生一直被人们记住并且具有传奇色彩的结果 Dāng wǒmen qínfèn dì gōngzuò shí, tā jiāng chǎnshēng yīzhí bèi rénmen jì zhù bìngqiě jùyǒu chuánqí sècǎi de jiéguǒ.

Artinya, ketika kita rajin dan tekun dengan pekerjaan kita, maka akan membuahkan hasil yang dikenang sepanjang masa dan melegenda.

Sejak tahun 1966, di Cirebon ada nasi langgi yang terkenal enak dan menjadi legenda di Panjunan, yang dibuat Ribkah Irawati. Ia bersama suaminya Dawud Hermawan, sejak kelahiran putra pertamanya, dr Lukas Hermawan tahun 1966, menjual nasi langgi di Jalan Panjunan no 70 Cirebon.

Nasi langgi buatan Ribkah Irawati sering menjadi buah tangan, karena kuat bertahan sampai malam, dan bisa menjadi bekal makanan di jalan. Ribkah Irawati pagi sudah jualan nasi langgi hingga siang hari.

Dilanjutkan sang suami

Ribkah Irawati dan Dawud Hermawan memiliki 2 orang anak, yaitu dr Lukas Hermawan dan Christina Evie Irawati Hermawan. Nasi langgi buatan Ribkah Irawati isinya, nasi putih, telor, abon, bawang goreng, sambal, emping, mentimun, dan daun kemangi.

Ribkah Irawati menghembuskan nafas terakhir 8 Agustus 2018. Kini nasi langgi dilanjutkan suami Ribkah dan anak perempuannya, Evie Irawati Hermawan.

Rencananya, Evie Irawati Hermawan akan membuka nasi langgi resep ibunya di Gading Serpong Tangerang. Berdampingan dengan kopi langitan milik Lavici anak dari Evie Irawati di Gading Serpong Tangerang.

Note: Pekerjaan yang kita kerjakan dengan tekun dan rajin akan membuahkan hasil yang melegenda. (*)

Oleh Jeremy Huang