Ribuan Rumah tak Layak Huni Butuh Perbaikan

oleh -56 views

KUNNGAN, (SGOnline).-

Keberadaan keluarga tidak mampu atau miskin terus menjadi perhatian sekaligus pekerjaan rumah bagi pemerintah daerah, tak kecuali di Kabupaten Kuningan. Hingga saat ini tercatat 4.000 rumah warga miskin dalam kategori rumah tidak layak huni (rutilahu) dan membutuhkan perbaikan.

Namun baru 1.158 unit rumah yang bisa dibedah melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadasa (BSPS). Data tersebut berdasarkan laporan dari setiap desa yang ada di Kabupaten Kuningan.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (DPPP), M. Ridwan Setiawan mengatakan, dana yang digunakan untuk perbaikan 1.158 unit dalam program BSPS berasal dari Kementrian PUPR dan juga Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan total anggaran mencapai Rp 20.265 miliar.

“Setiap rutilahu akan menerima anggaran sebesar Rp 17,5 juta, yang tidak diberikan dalam bentuk tunai melainkan transfer ke rekening tujuan,” ujar Ridwan.

Terkait rutilahu, Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda, baru saja meninjau proses pembangunan dan perbaikan rutilahu di Desa Kaduagung, Kecamatan Sindang Agung, Kamis (10/10/2019).

Di tengah kunjungannya, Wabup berjanji pemerintah akan konsen membantu masyarakat dalam perbaikan rumah tidak layak huni dan berharap masyarakat sekitar untuk turut peduli dan berpartisipasi secara gotong royong meski hanya bentuk tenaga.

“Semoga dalam proses pembangunan ini bisa berjalan lancar dan di tahun berikutnya dapat terselesaikan semua sehingga bisa menyejahterakan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Kaduagung Dodo Rohdiana menjelaskan, ada 20 unit rumah yang mendapat bantuan dari BSPS yang tersebar di 3 Dusun yaitu Dusun Pahing, Dusun Manis serta Dusun Puhun.

“Dengan adanya bantuan dari BSPS masyarakat sangat menyambut baik dan bahagia, dalam program Rutilahu. Dimana ada 20 rumah di Desa Kaduagung yang didanai oleh BSPS,” tuturnya. (Andin/SGO)