Ritual Unik Kampung Puhun, Adzan di Lima Titik untuk Usir Corona

oleh -151 views
Deni Dadawuk

KUNINGAN, (SGOnline).-

Ada cerita unik yang terjadi di tengah pandemik virus corona di Kuningan, Jawa Barat, tepatnya di Kampung Puhun, Blok Pesantren, Desa/Kecamatan Kadugede. Saat adzan maghrib tiba, warga di daerah ini mengumandangkan adzan di lima titik perbatasan kampung. Hal itu dilakukan sejak Jumat (3/4/2020) lalu.

Ritual ini diyakini warga mampu mengusir wabah virus corona. Adapun kelima titik tersebut, meliputi Blok Pesantren, Blok Parenca, Blok Bangong, Blok Garaseah, Blok Cilodong dan terakhir di pusat Kampung Puhun.

Menurut salah seorang tokoh masyarakat setempat, Deni Dadawuk, bukan hanya ritual adzan saja yang dilakukan warga, tetapi juga dilakukan dzikir dan mengaji di rumah agar wabah corona segera berlalu. “Kami selalu berdoa kepada Allah SWT, agar musibah ini segera berlalu. Karena hanya dengan berdoa kepada Allah SWT sajalah, solusi yang bisa menenangkan kami,” ungkapnya.

Sementara itu, warga Kampung Wage pun melakukan hal serupa di perbatasan kampung setempat. “Hanya ini yang bisa kami lakukan, agar dusun kami bisa terbebas dari covid-19. Selain berdoa kepada Tuhan, kami pun berikhtiar dengan membuat posko di setiap jalan masuk dusun,” ujar salah seorang warga yang enggan disebut identitasnya. (Andin/SGO)

Hayyyy  hallo..... Mas, Mba... Sis  Bro... dah pada daftar menjadi mahasiswa baru UGJ belum.....ituloh Universitas Swadaya Gunung Jati.... Dulu kalian mengenalnya dengan Unswagati

Diatas ada panduan cara mendaftar online via fasilitas BJB ya....? dan juga panduan untuk melakukan heregistrasi/registrasi bagi yang sudah dinyatakan Lulus....

Semoga kalian bisa lulus dengan jurusan/program studi yang dicita-citakan

Kuliah....kuyyy ke UGJ