“Roman Ayu”, Varietas Mangga Baru Milik Kabupaten Cirebon

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

“Roman Ayu”, merupakan nama varietas mangga baru milik Kabupaten Cirebon yang pertama kali dikembangkan Surohman, warga Desa Panongan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Menurut Surohman, dirinya pertama kali mengembangkan varietas baru tersebut tahun 2015 dengan mengokulasi batang mangga lokal dengan batang mangga dari Taiwan.

Menurut Rohman, panggilan akrab Surohman, mangga Roman Ayu ini punya ukuran lebih besar dan berwarna merah ati saat kondisi matang. Berat buah tersebut bisa mencapai 1,8 kilogram.

“Setelah tumbuh, saya tidak berani jual, hanya dicoba sendiri. Namun beberapa tahun kemudian dijual, lumayan banyak peminatnya,” ujarnya di Pendopo Bupati Cirebon, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021).

Beberapa tahun setelah dikembangkan, Rohman pun kemudian melapor kepada Dinas Pertanian untuk pengembangan varietas baru tersebut dan langsung didaftarkan ke Kementerian Pertanian dengan nama “Roman Ayu” awal tahun ini. Nama “Roman Ayu” merupakan singkatan dari Imron (Bupati Cirebon), Surohman, dan Wahyu Tjiptaningsih.

READ  Bupati Imron Dukung Optimalisasi Pelabuhan Cirebon