Rony Susanto, Pemilik Toko Abon Jago di Tasikmalaya

oleh -1.387 views

ADA sebuah pepatah mengatakan, 年轻时勤奋,不会衰老 Niánqīng shí qínfèn, bù huì shuāilǎo. Artinya, rajin di usia muda tidak akan kekurangan di usia tua.

Merintis dan membangun dunia usaha lebih susah (lebih sulit) dibandingkan mempertahankannya. Sebab, untuk memperkenalkan suatu produk harus dapat menciptakan “brand image” kepada semua orang, sehingga ketika suatu produk makanan atau apapun yang dipromosikankan, orang akan mengingat produk kita yang terbaik.

Banyak lika-liku dan proses yang harus dijalani. Seorang pengusaha sukses dalam merintis kariernya, harus rela bangun pagi sebelum matahari terbit, mempersiapkan barang dagangan yang akan dijual, dan tutup toko saat matahari terbenam. Kemudian membuat kembali atau memesan barang dagangan yang akan dijual esok harinya.

Irwan Susanto bersama Ice Rosdiana, istrinya, membuka Toko Abon Jago di Jalan Perintis Kemerdekaan Tasikmalaya sejak tahun 1990. Pasangan suami istri ini membuat abon sapi dan dendeng merk Jago sejak tahun 1990.

Mereka berdua membuka Toko Abon Jago, tidak hanya menjual abon dan dendeng produk mereka sendiri, tetapi juga menjual berbagai jenis oleh-oleh Tasikmalaya, seperti rengginang, seroja, aneka kripik, telor gabus dan beragam makanan lainnya.