RSD Gunung Jati Cirebon Ditutup Sementara Akibat 39 Nakes Positif Covid-19

oleh -13 views

CIREBON, (SGOnline).-

Sebanyak 39 tenaga kesehatan (nakes) di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati Kota Cirebon, terkonfirmasi positif Covid-19. Imbasnya pelayanan rumah sakit diberhentikan sementara.

“Kami sudah melaporkan ke Pak Walikota. Dari hasil tracing di RSD Gunung Jati ada 39 nakes yang positif,” kata Direktur RSD Gunung Jati Kota Cirebon, Ismail Jamaludin, dalam siaran pers yang diterima detikcom, Kamis (22/10/2020).

Ismail menjelaskan, 39 nakes yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu di antaranya, dokter umum, dokter spesialis, perawat, bidan dan petugas administrasi. Namun tak disebutkan secara rinci jumlah dokter dan perawat yang terpapar Covid-19.

Ia mengaku, masih menunggu hasil tracing sepenuhnya. Seratusan pegawai RSD Gunung Jati menjalani swab, terutama yang sempat kontak erat dengan nakes yang positif.

“Tracing masih berjalan. Ya belum selesai, masih berlanjut. Sampai saat ini sudah 150 orang yang tes swab,” kata Ismail.

Ia menegaskan, pelayanan rumah sakit diberhentikan sementara. Kebijakan tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan rumah sakit. “Hari ini tutup hingga 27 Oktober nanti. Pelayanan mulai dibuka kembali 28 Oktober,” kata Ismail.

Dijelaskan dia, pelayanan rumah sakit yang terpaksa ditutup sementara di antaranya IGD, laboratorium, radiologi diagnostik, dan semua pelayanan yang berasal dari luar ditutup.

“Untuk yang sudah berada di dalam (rumah sakit) tetap berjalan. Yang sudah menjalani perawatan, tetap kami layani,” katanya. (*)

Sumber: detikcom