RW 07 Karangmekar Jadi Pilot Project Kampung Tangguh Lodaya

oleh

CIREBON, (SGOnline).-

RW 07 Kampung Karangmekar, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, resmi menjadi pilot project program Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan.

Hal itu ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga melati yang dilakukan Kapolsek Cirebon Utara Barat (Utbar), Kompol H Suwitno di RW 07 Kampung Karangmekar, Rabu (1/7/2020).

Tampak hadir, Camat Kejaksan, H Uyung Heru Utomo, Ketua LPM Kelurahan Sukapura, M. Rafi, Danramil dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) lainnya.

Kapolsek mengatakan, Kampung Tangguh Ketahanan Pangan bertujuan untuk menumbuhkan ketahanan pangan serta memperkuat masyarakat dalam mencegah penularan covid-19.

“Kampung Tangguh Ketahanan Pangan ini merupakan program Kapolri dan dilaksanakan serentak se-Indonesia. Saya sangat mengapresiasi diresmikannya Kampung Tangguh Ketahanan Pangan di RW 07 Kampung Karangmekar ini,” ujarnya.

Produktivitas

Sementara itu, Ketua LPM Kelurahan Sukapura sekaligus Ketua Pelaksana Kampung Tangguh Lodaya, M Rafi, mengatakan, program Kampung Tangguh Lodaya sudah dimulai sejak Januari 2020.

“Kampung Tangguh Lodaya ini sebagai upaya masyarakat RW 07 menuju kemandirian dan produktivitas pasca pandemi covid-19. Di kampung ini, juga dilengkapi Posko Tim Pantau Covid-19, ruang isolasi dan ada lumbung pangan dengan titik central di Gang Kliwon,” jelasnya.

Di bagian lain, Camat Kejaksan, H Uyung Heru Utomo, mengungkapkan, Kampung Tangguh Lodaya Ketahanan Pangan dimaksudkan untuk meningkatkan ketangguhan seluruh komponen masyarakat.

“Melalui program ini, kita mulai membiasakan memasuki AKB dan kita mulai menggeliatkan ekonomi masyarakat. Ke depan program ini dapat dikembangkan di RW-RW lain, agar menjadi kampung-kampung tangguh,” harapnya. (Andi/SGO)