Salat Taraweh di Bulan Ramadhan Dianjurkan di Rumah

oleh -34 views

MAJALENGKA, (SGOnline).-

Menjelang bulan suci Ramadhan 1441 H yang tinggal menghitung hari, ada kebijakan yang dikeluarkan Menteri Agama RI berkaitan pandemi covid-19. Salah satunya, peniadaan pelaksanaan salat tarawih di masjid maupun di musala.

“Ya betul, kebijakan itu sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 6 tahun 2020 yang sudah ditandatangani Menteri Agama 6 April 2020,” kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Majalengka, H Yayat Hidayat, saat dikonfirmasi via ponselnya, Jumat (10/4/2020).

Dijelaskan dia, mengenai pelaksanaan salat sunah tarawih selama Ramadhan cukup dilakukan secara individual atau bersama keluarga inti di rumah masing-masing. “Termasuk pelaksanaan pembacaan tadarus Quran, saran saya dilakukan di rumah saja,” ujar dia.

Dijelaskan Yayat Hidayat, dalam kondisi seperti ini, salat tarawih di masjid dan musala dapat berpotensi menimbulkan kerumunan dan berisiko jika dilakukan di tengah pandemik corona. Termasuk pelaksanaan sahur dan buka puasa, cukup dilakukan dengan keluarga inti. Tidak ada buka puasa bersama, dengan tujuan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Bukan hanya itu, pelaksanaan salat hari raya Idulfitri yang biasanya dilaksanakan secara berjamaah di masjid atau di lapangan, rencananya ditiadakan demi mencegah penularan wabah Covid-19. “Tapi di Majalengka kami tidak menerapkan itu, sifatnya fleksibel. Khawatir menuai pro dan kontra jika dipaksakan. Tapi buat internal kami wajib ditaati. Karena SE Menteri Agama itu sesungguhnya untuk kepentingan umat Islam secara keseluruhaan,” ucapnya.

Dia berharap, kendati Ramadhan dan Idulfitri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, masyarakat dapat melaksanakan dengan penuh hikmat. “Kita melakukan semua ini demi kecintaan kita terhadap masyarakat. Supaya tidak tertulari wabah Covid-19. Demi kemaslahatan bersama,” kata dia. (Humas/SGO)