Santri Harus Terus Berkontribusi dalam Pembangunan

oleh -43 views

INDRAMAYU, (SGOnline).-

Memeringati Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019, Yayasan Pendidikan Islam I’anatul Mubtadiin (YAPIIM) Kabupaten Indramayu mengadakan diskusi milenial dengan tema “Santri untuk Dunia”, bertempat di halaman Pondok Pesantren Yapiim, Desa Dukuh, Indramayu, Minggu (20/10/2019).

Ketua Yayasan Pendidikan Islam I’anatul Mubtadiin (YAPIIM) Indramayu, Gus Farhan didampingi aktivis muda nahdliyin lainnya menyampaikan, HSN adalah sebuah stimulus dan refleksi dari perjalanan panjang kaum santri di bumi nusantara.

“Santri berperan besar dalam merebut dan memperjuangkan kemerdekaan di berbagai daerah, hingga kemudian berlanjut mempertahankan kemerdekaan dari pihak-pihak yang tidak menginginkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Atas dasar itu sangat penting kiranya bagi kaum santri untuk meneruskan perjuangan para pendahulu kita dengan cara berkonstribusi aktif di masyarakat dalam membangun desa, daerah dan Indonesia di berbagai sektor, baik pendidikan, ekonomi, sosial dan lainnya serta ikut andil dalam perdamaian dunia,” tuturnya.

Narasumber nahdliyin muda lainnya, Dede Hidayat meminta agar momentum HSN hendaknya dijadikan cara untuk selalu berjihad secara kaffah. “Hari ini memaknai jihad tidak seperti pada zamannya perang badar, membawa anak panah dan senjata tajam lainnya, namun jihad pada masa ini adalah dalam bentuk intelektual, ekonomi, budaya dan politik, serta semangatnya harus seperti mbah KH. Hasyim Asy’ari ketika melawan penjajah, karena itu jika kita kalah dalam wilayah intelektual, ekonomi, budaya dan politik, maka jangan harap kita akan meraih banyak kemenangan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat, ” ujarnya.

Pada acara diskusi milenial ini dihadiri seluruh santri Yapiim dan juga para aktivis muda serta para pegiat literasi dari berbagai usia di Kabupaten Indramayu. (Ridho/SGO)