Selain Bagikan Masker, Satlantas Polres Ciko Berikan Sanksi Tilang

oleh -130 views

CIREBON, (SGOnline).-

Memasuki hari ke-5 Ops Patuh Lodaya 2020, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) kembali memberlakukan tindak hukum atau tilang kepada pelanggar lalu lintas. Kegiatan yang digelar mulai 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 ini terkait operasi nasional di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota (Ciko), AKP Habibi Ade Jama, mengatakan, penindakan terhadap pelanggar lalu lintas kali ini sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Petugas mengutamakan pencegahan dan edukasi lebih dahulu.

“Langkah-langkah represif penegakan hukum itu belakangan, tapi kedisiplinan masyarakat ini jadi utama. Fokusnya adalah edukasi pencegahan untuk adaptasi kebiasaan baru (AKB),” kata Habibi Ade Jama, Senin (27/7/2020).

Dijelaskannya, Ops Patuh Lodaya 2020 hari ini selain tetap membagikan masker dari Korp Lantas, juga bagi pengendara motor yang tidak memakai helm, akan ditindak, baik berupa tilang maupun teguran. “Sampai saat ini kami sudah melakukan penindakan tilang sebanyak 17 berkas dan teguran 435 berkas,” imbuh AKP lulusan Akpol 2012 ini.

Hanya 20 persen

Sementara itu, Kapolres Ciko, AKBP Syamsul Huda, melalui Kasubag Humas, Iptu Ngatidja, menjelaskan, penilangan selama operasi hanya sekitar 20 persen. Sisanya, petugas lebih mengedepankan edukasi.

“Kami akan memberi teguran secara tematik di beberapa wilayah, kalau di Cirebon khususnya, mungkin soal pelanggaran rambu atau melawan arus yang sering dilakukan abang becak dan juga beberapa sepeda motor,” ungkapnya.

Wilayah yang dimaksud, lanjut Kasat Lantas, seperti di Jalan Cipto depan CSB Mall, jalan menuju Pecilon dan beberapa tempat lain. Hal itu yang akan ditekankan dan diprioritaskan untuk imbauan dan peneguran. Kemudian akan dikolaborasikan dengan imbauan protokol kesehatan Covid-19,” katanya. (Humas Polres Ciko/Andi/SGO)

Hayyyy  hallo..... Mas, Mba... Sis  Bro... dah pada daftar menjadi mahasiswa baru UGJ belum.....ituloh Universitas Swadaya Gunung Jati.... Dulu kalian mengenalnya dengan Unswagati

Diatas ada panduan cara mendaftar online via fasilitas BJB ya....? dan juga panduan untuk melakukan heregistrasi/registrasi bagi yang sudah dinyatakan Lulus....

Semoga kalian bisa lulus dengan jurusan/program studi yang dicita-citakan

Kuliah....kuyyy ke UGJ