Selamatkan Persemaian Padi, Petani Indramayu Keroyok Si Monyong

oleh -51 views

SINDANG, (SGOnline).-

Meski kehadiran musim hujan belum bisa diprediksi, namun kalangan petani di Desa Rambatan, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu mulai melakukan persemaian. Upaya itu dilakukan karena air kiriman dari Sungai Cimanuk Lama mulai mengalir ke areal persawahan.

Namun karena khawatir proses persemaian gagal, secara serempak mereka memberantas hama tikus. Dengan berbekal pentungan, alat foging, pacul dan anjing para petani ini membongkar lubang sarang tikus yang ada di sisi sawah. Alhasil, tikus yang bersembunyi pun berhamburan, sehingga mudah dimusnahkan.

“Daripada bibit padi habis dimakan hama tikus, ya lebih baik tikusnya kita matikan dulu. Kita cari dari sarang-sarangnya supaya masa persemaian ini aman dari hama,” ujar Naki, petani setempat kepada Surya Grage Online, Senin (4/11/2019).

Pembasmian tikus hari ini, lanjut Naki lumayan banyak, lebih dari 100 ekor tikus berhasil dibunuh. Upaya ini akan terus dilakukan sampai tikus benar-benar menghilang dari sawah. “Pilihannya cuma dua, tikus dibiarkan maka tanaman kita habis atau tikus dihabisi dan tanaman kita aman,” ungkapnya.

Selain di Desa Rambatan, upaya berburu si monyong tikus juga dilakukan petani lainnya, seperti di Desa Pecuk, Sindang dan sebagian petani di Kecamatan Jatibarang. Sementara petani lainnya, belum melakukan persemaian padi. (Ger/SGO)