Seram! Misteri Suara Gamelan & Sinden di Lokasi Jembatan Putus

oleh -67 views
foto: detikcom

SUKABUMI, (SGOnline).-

Jembatan gantung Cibereum yang melintasi Sungai Cicatih merupakan batas dua desa dari dua kecamatan. Kecamatan Warungkiara dan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat. Ada kisah horor di balik putusnya jembatan tersebut.

Malam saat kejadian situasi di sekitar jembatan itu nyaris tanpa penerangan, hanya nyala lampu telepon seluler dari belasan remaja yang berniat untuk menyebrangi jembatan itu setelah melihat pengajian di desa sebelah.

Suasana sunyi menyergap, bunyi berderak dari rimbunan bambu di sekitar lokasi menemani kesunyian di sekitar lokasi. Menutup rasa takut, para remaja itu bercanda ria sambil perlahan satu per satu dari mereka melintasi jembatan bersamaan. Waktu menunjukan pukul 01.00 WIB, Senin (24/8/2020).

“Dini hari itu ada 17 remaja yang melintas, 11 di antaranya jatuh ke bawah. Ada yang ke air sungai ada juga yang jatuh mungkin kena batu di bawah. Saya menduga saat melintas namanya juga anak seumuran begitu pasti sambil bercanda-canda. Sementara kondisi jembatan memang sudah rapuh,” kata Kades Kertamukti, Dede Kusnadi.

Diceritakan Dede, lokasi tempat jembatan gantung itu berdiri memang dikenal angker. Dibangun secara swadaya pada tahun 1991 ada lelaku atau ritual khusus untuk memuluskan pembangunan.

“Lokasi ini dikenal warga dengan nama Leuwi Jubleg, sebelum 1991 warga melintas sungai melalui tumpukan batu yang disusun hingga ke ujung sungai. Kesaksian sejumlah warga sering ada suara gamelan degung dan sinden terdengar mengalun di tempat ini,” ungkap Dede.